Koperasi ASA Banjar Siap Tampung Hasil Daur Ulang Sampah

01/12/2013 0 Comments
Koperasi ASA Banjar Siap Tampung Hasil Daur Ulang Sampah

Ketua Koperasi ASA, Yudho Hernowo, menyatakan siap menampung hasil daur ulang sampah rumah tangga yang dikelola masyarakat, pada acara Sosialisasi Pengelolaan Sampah, di Aula Kel. Pataruman. Photo : Deni Supendi/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Koperasi Agropolitan Sumber Alam (ASA) Kota Banjar, menyatakan siap menampung semua hasil pengelolaan sampah rumah tangga yang sudah melalui tahap daur ulang, khususnya produk pupuk kompos.

Hal itu disampaikan Ketua Koperasi ASA, Yudho Hernowo, saat menjadi instruktur, pada acara sosialisasi pengelolaan sampah pilah rumah tangga dengan metode 3R, yang diselenggarakan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DCKTLH), di Aula Kelurahan Pataruman, beberapa waktu lalu.

Yudho mengaku, saat ini Koperasi ASA sudah memiliki pangsa pasar yang pasti. Dalam sehari saja, kebutuhan pupuk kompos yang disuplai oleh Koperasi ASA di pasaran, sudah mencapai 20 ton.

“Ini peluang besar bagi masyarakat Banjar. Jangan takut, koperasi akan membantu memasarkan hasil daur ulang sampah yang dikelola masyarakat. Jual saja, koperasi pasti akan membelinya,” katanya.

Sebagai bentuk komitmen, kata Yudho, Koperasi ASA bersama-sama dengan DCKTLH berencana akan turun ke lapangan secara langsung, untuk melakukan pembinaan dalam pengelolaan sampah di tingkat RT (Rumah Tangga) dan RW (Rukun Warga).

“Nanti, setelah urusan Koperasi selesai di Bali, awal Bulan Desember 2013, kami akan turun ke lapangan,” ujarnya.

Yudho menyebutkan, saat ini Koperasi ASA Kota Banjar, sudah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Propinsi Bali, yang meliputi kabupaten dan kota se-Bali, dalam produk organik, diantaranya di bidang pengelolaan sampah dan pertanian.

“Selain Bali, program serupa juga sedang dijalankan Koperasi ASA, di sejumlah daerah lain, seperti Lampung, Kalimantan, Tegal dan beberapa wilayah lainnya,” pungkas Yudho. (Deni/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply