Masyarakat Banjar Diminta Terlibat Wujudkan ‘Clean and Green’

22/12/2013 0 Comments
Masyarakat Banjar Diminta Terlibat Wujudkan ‘Clean and Green’

Kepala DCKTLH Kota Banjar, Drs. Yoyo Suharyono, saat melakukan kegiatan penghijauan di kawasan Viaduct. Photo : Eva Latifah/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) Kota Banjar terus berupaya menjaga Kota Banjar selalu bersih dan hijau (Clean and Green). Alhasil, sosialisasi pengelolaan sampah pilah rumah tangga berbasis masyarakat, terus dilakukan dengan gencar.

Kepala DCKTLH, Drs. Yoyo Suharyono, melalui Kabid Kebersihan, Asno Sutarno, SP.,MP, mengaku sangat berharap masyarakat terlibat secara langsung dalan mewujudkan Kota Banjar yang bersih dan hijau.

Untuk itu warga Banjar diwajibkan untuk mengurangi dan menangani sampah dengan mengedepankan wawasan lingkungan. Diakui Asno, paradigma pengelolaan sampah, umumnya masih konvensional, ‘kumpul, angkut dan buang’. Paradigma pengelolaan ini, perlu diganti dengan yang baru, yaitu ‘pilah, kumpul dan jual’.

Paradigma baru ini memandang sampah sebagai sumber daya yang bernilai ekonomi, dan dapat dimanfaatkan. Misalnya, untuk energi, kompos, pupuk, dan bahan baku industri. Gagasan baru yang dikenal dengan metode 3R akhirnya muncul.

Pertama Reduce, mengurangi timbunan sampah, kedua Reuse, menggunakan kembali, dan ketiga Recycle, mendaur ulang. Konsep ini dimaksudkan tidak untuk merubah secara total metode konvensional yang telah terjadi, namun kedepannya bisa saling melengkapi.

Selain itu, kata Asno, DCKTLH juga punya rencana pengembangan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH), salah satunya di bilangan flyover Langensari. “Rencana ini akan dilaksanakan sebagai upaya bagaimana menghasilkan sebuah karya bagi Kota Banjar,” kata Asno.

Bidang Ciptakarya

Di tempat terpisah, Kabid Ciptakarya, David Abdillah, ST, dalam sebuah kesempatan, menyebutkan, di tahun anggaran 2013, pihaknya menyelesaikan sejumlah paket pekerjaan. Diantaranya, pembangunan gedung Dinas Cipta Karya, pembangunan trotoar jalan di Tanjungsukur, pembangunan trotoar di Jalan Tentara Pelajar, dan trotoar jalan di Kecamatan Langensari.

Kemudian, paket pekerjaan lainnya, yaitu pembangunan saluran/ drainase di Lingkungan Cibulan, dan saluran di Lingkungan Hegarsari Banjar. Selanjutnya, pembangunan PUSDAI, pembangunan kawasan Gelar Karya, dan pembangunan gedung Kantor Disdukcapil. (Deni/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply