Nelayan Pangandaran Peroleh Bantuan Kapal Ikan Dari Pemprov

15/12/2013 0 Comments
Nelayan Pangandaran Peroleh Bantuan Kapal Ikan Dari Pemprov

Seorang nelayan di Pangandaran, ketika akan mencari ikan di laut. Photo : Entang/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pangandaran yang terletak di pesisir pantai selatan, merupakan daerah berpotensi perikanan yang paling besar. Namun dengan sarana dan prasarana yang minim, menyebabkan potensi tersebut kurang tergali.

Maka dari itu, Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Penangkapan Ikan (BPPI) Semarang, memberikan pembinaan kepada para Ketua Kelompok Nelayan.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga, DPK Propinsi Jabar memberikan bantuan 3 unit kapal 30 kepada kelompok nelayan yang ada di kabupaten Pangandaran.

Dede Sunendar, pelaksana pembinaan dari DPK Provinsi Jabar, saat dimintai keteragan oleh HR, mengatakan, sebelum menerima bantuan 3 unit kapal penangkap ikan, lengkap dengan peralatannya, para kelompok nelayan tersebut diberi pembinaan terlebih dahulu.

Pembinaan kata Dede, dilakukan selama dua hari, di Hotel Krisna Beach Pangandaran, Rabu-Kamis (11-12/12). Menurut dia, agenda itu merupakan program tahun anggaran 2013-2014. Pembinaan yang diberikan berupa pengetahuan tata cara pengoprasian navigasi kapal, tehnik mesin, cara menggunakan alat penangkapan ikan dan pengolahan ikan.

Dede juga menambahkan, bahwa Kabupaten Pangandaran sangat berpotensi dalam bidang perikanan. Namun armada penakapan ikan dan peralatan serta pengetahuan teknik pengoprasian kapal besar yang kurang dimiliki oleh para nelayan.

“Untuk di perairan laut bagian selatan, kapal-kapal besar masih sangat minim, jadi dengan adanya bantuan kapal tersebut, mari kita bersama-sama manfaatkan potensi ini untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan dan keluarganya, sedangkan untuk kekurangan alat tangkap kita bisa carikan solusinya,” ujar Dede. (ntang/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!