Panwaslu Ciamis Anggap Caleg DPR RI DI dan WN Langgar Aturan

27/12/2013 0 Comments
Panwaslu Ciamis Anggap Caleg DPR RI DI dan WN Langgar Aturan

Enceng Sudrajat menunjukkan gambar Caleg yang berkampanye di media cetak lokal. Photo : Dian Sholeh WP/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dua Calon Anggota Legislatif  (Caleg) Dapil X, masing-masing WN dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan DI dari Partai Demokrat, dinilai telah melanggar oleh Panitia Pengawasa (Panwaslu) Kabupaten Ciamis. Keduanya dianggap sudah memulai kampanye di sebuah media masa lokal.

Divisi Hukum dan Tindak Lanjut Pelanggaran Panwaslu, Enceng Sudrajat, Kamis (26/12), mengatakan, dua calon anggota DPR tersebut melanggar Pasal 83 Ayat 2, Undang-undang no 8 tahun 2012, Junto pasal 276.

Enceng memberikan ancaman, jika nanti keduanya terbukti melanggar, WN dan DI bisa dikena sanksi pidana hukuman penjara maksimal satu tahun dan denda 12 juta. ”Sekarang bukan waktunya kampanye di media masa. Dan sudah jelas dalam undang-undangnya, bahwa kampanye di media cetak itu waktunya 21 hari, terhitung dari mulai tanggal 16 Maret sampai dengan 5 April 2014,” ujarnya.

Rencana, kata Enceng, Panwaslu akan mencoba memanggil WN, DI serta Media yang bersangkutan, untuk dimintai keterangan. ”Sesudah proses pemanggilan,dan bila terbukti, bisa pidana, bahkan dicoret. Karena yang sudah dilantik saja bisa dicoret, apalagi baru caleg,“ pungkasnya. (DSW/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply