Peringati Hari AIDS Sedunia, Aktivis dan KPA Banjar Gelar Road Show

02/12/2013 0 Comments
Peringati Hari AIDS Sedunia, Aktivis dan KPA Banjar Gelar Road Show

Spanduk himbauan peduli HIV-AIDS dibentangkan di Rest Area Banjar Atas oleh peserta Road Show Hari AIDS Sedunia tahun 2013. Foto : Eva Latifah/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Di Kota Banjar, Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) tahun 2013 yang jatuh pada tanggal 1 Desember, diisi dengan kegiatan road show ke sejumlah titik keramaian. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komisi Perlindungan AIDS (KPA) Kota Banjar, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, RSU Banjar  dan LSM Matahati, serta diikuti kurang lebih 50 orang Warga Peduli AIDS (WPA) perwakilan dari 8 PIKM (Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat) yang saat ini sudah terbentuk di 4 kecamatan digelar secara sederhana dengan membagi-bagikan poster, liflet dan bunga kepada masyarakat.

Sejumlah titik keramaian yang dituju dalam kegiatan road show HAS tahun ini  dimulai dari jam 07.00 WIB, dan start dari halaman Kantor Dinas Kesehatan, kemudian dilanjutkan ke Taman Kota Lapang Bakti,Terminal Bis, Rest Area Banjar Atas, kawasan kuliner Doboku dan Pasar Banjar.

Sekretaris KPA Kota Banjar, dr. Nina Tursinah, mengatakan, penyebaran HIV-AIDS di Kota Banjar memang sangat memprihatinkan, bahkan sekarang sudah masuk ke kalangan ibu rumah tangga dan pelajar. Maka dari itu, penanggulangan masalah HIV-AIDS di Kota Banjar bukan hanya tanggung jawab KPA saja, namun tanggung jawab semua masyarakat.

Drs. Aam Hamdan, dari LSM Matahati, menambahkan, berdasarkan data yang tercatat di KPA dan Dinas Kesehatan Kota Banjar, angka kasus HIV-AIDS hingga tahun 2013 ini mencapai 61, dan 10 orang diantaranya meninggal dunia.

“Langkah penting yang harus dilakukan adalah perlu adanya pemahaman masyarakat terkait situasi maupun kasus HIV-AIDS, salah satunya melalui kegiatan road show ini,” kata Aam.

Sayangnya, di Kota Banjar sendiri peringatan HAS tahun 2013 dengan tema Selamatkan Pekerja, Keluarga dan Bangsa, kurang mendapat perhatian dari pihak instansi terkait lainnya. Padahal, semua instansi pemerintah merupakan bagian dari anggota KPA. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply