PWI Ciamis & bjb Gelar Saresehan, Bahas Isu Kerjasama Pembangunan 3 Daerah

02/12/2013 0 Comments
PWI Ciamis & bjb Gelar Saresehan, Bahas Isu Kerjasama Pembangunan 3 Daerah

Logo Persatuan Wartawan Indonesia. Foto: Istimewa/Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ujang Marmuksinudin, S.Sos

Ujang Marmuksinudin, S.Sos

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Ciamis bekerjasama dengan Bank Jabar Banten (bjb) akan menggelar acara sarasehan. Isu yang akan dibahas dalam saresehan tersebut, yakni soal percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Acara tersebut akan digelar Selasa (3/12), bertempat di Aula Hotel Laut Biru Pangandaran. Dalam sarehsehan ini, akan hadir Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai pembicara utama. Pembicara kepala daerah dan tamu terdiri dari Bupati Ciamis Engkon Komara, Walikota Banjar Herman Sutrisno, Penjabat Bupati Pangandaran Endjang Naffandy dan Direktur Bank bjb Bien Subiantoro.

Maksud dan tujuan acara sarasehan ini tak lain untuk menggagas kerjasama pembangunan antara Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Dengan begitu, tiga daerah ini sama-sama sebagai daerah maju dan mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakatnya.

“Isu sentralnya adalah membahas percepatan pembangunan, termasuk peluang kerjasama dan potensi apa saja yang bisa dibangun secara bersama-sama oleh tiga daerah tersebut,” kata Ketua Penyelanggara Kegiatan Sarasehan, Ujang Marmuksinudin, S.Sos, didampingi Sekretaris, Subagja Hamara, SH, di kantor PWI Perwakilan Ciamis, Minggu (1/12).

Menurut Ujang, acara saresehan ini akan dihadiri oleh sekitar 200 tamu undangan, diantaranya sejumlah kepala SKPD yang berkaitan dengan pembangunan, para tokoh masyarakat dari tiga darah di Kabupaten Ciamis, Banjar dan Pangandaran. “Tokoh tersebut mewakili kalangan pengusaha, akademisi, penggerak pariwisata, LSM dan lainya,” kata Ujang.

Subagja manambahkan, kegiatan ini sebagai salah satu bukti kepedulian pers terhadap perkembangan pembangunan daerah. “PWI Perwakilan  Ciamis sendiri, terdiri dari gabungan wartawan profesional yang bertugas di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Secara moral juga mempunyai tangungjawab yang sama untuk perkembangan dan pembangunan ketiga daerah ini,” kata Subagja.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Perwakilan Ciamis, Anjar Asmara, SH, mengatakan, selain kegiatan sarasehan, dalam waktu yang sama pun akan digelar kegiatan Pelantikan Pengurus PWI Perwakilan Ciamis periode 2013-2016. Pelantikan akan dilakukan oleh Pengurus Jawa Barat dan disaksikan oleh Gubernur, dan tiga kepala daerah serta para tamu undangan.

“Sekalipun kami baru akan dilantik, tetapi berbagai kegiatan terus kami lakukan, termasuk salah satunya kegiatan sarasehan ini,” kata Anjar.

Seperti ketahui, lanjut Anjar, selama 10 tahun terakhir ini Ciamis mengalami perubahan dalam pemerintahan. Pertama, pada tahun 2003 melepas Kota Banjar menjadi daerah otonom. Setahun lalu daerah Pangandaran yang selama ini menjadi ikon wisata Ciamis, juga harus lepas dari daerah induknya.

“Pelepasan dua daerah ini, tentu bukan sesuatu yang harus disesali. tetapi menjadi sebuah langkah untuk sama-sama meraih kemaajuan,” kata Anjar.

Anjar mengungkapkan, saat ini secara kasat mata Banjar tampak banyak mengalami perubahan, baik dari bidang pembangunan fisik maaupun pelayanan. Jejak keberhasilan itu, diharapkan diikuti oleh Pangandaran. Daerah yang memiliki potensi wisata cukup besar ini harus maju cepat. Seperti halnya Banjar. “Sehingga sejarah nanti mencatat bahwa daerah daerah dimekarkan dari Ciamis sebagai daerah maju, bukan daerah gagal,” tambahnya.

Untuk meraih kemajuaan itu, lanjut Anjar, tentu Ciamis, Banjar dan Pangandaran perlu saling mendukung dan mendorong. Antara daerah induk dan anak, harus tumbuh secara sehat. “Makanya, kami PWI Ciamis yang masih membawahi Banjar dan Pangandaran, ingin menjadi bagian dari proses untuk sama-sama membawa kemajuan dalam pembangunan tiga daerah ini,” pungkas Anjar. (DK/Red/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!