SDN 2 Sindangrasa Ciamis Raih Adiwiata Nasional

25/12/2013 0 Comments
SDN 2 Sindangrasa Ciamis Raih Adiwiata Nasional

Siswa SDN 2 Sindangrasa berpoto bersama, seusai mendapatkan penghargaan Adiwiata dari Kabupaten Ciamis. Photo : Dok Istimewa/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Dasar Negeri  (SDN) 2 Sindangrasa Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mampu menyulap lingkungan sekolahnya menjadi hijau nan asri. Bahkan berkait hal itu, berhasil meraih predikat sekolah “Adiwiyata” tingkat nasional. Keberhasilan sekolah mempertahankan lingkungan yang hijau dan nyaman, dilandasi motto sekolah ‘Bersih, Indah, Sehat, Menawan, serta Asri’.

“Meraih penghargaan Adiwiatatingkat Nasional tahun 2013, merupakan kebanggaan bagi kami. Karena ini merupakan kali pertama di tingkatan SD di Ciamis yang berhasil meraih penghargaan Adiwiatatingkat Nasional, semenjak dicanangkan tahun 2006,” ungkap Mu’min, MPd, kordinator Adiwiata SDN 2 Sindangrasa, Selasa (24/12).

Mu’min mengatakan, Program Adiwiatamerupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup,  mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Melalui program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang kurang baik. Mu’min  menjelaskan, untuk sampai masuk menjadi nominasi Adiwiyata, sekolah harus memenuhi berbagai persaratan. Diantaranya, menjaga kebersihan sekolah dengan melakukan pemilahan dan pengolahan sampah.

Kemudian, melakukan penanaman pohon dan membuat lubang biopori, adanya ruang terbuka hijau, kamar mandi yang bersih, dan kantin yang sehat serta semua warga sekolah baik siswa, guru ,komite dan orang tua murid harus tahu tentang adiwiata.

Lebih lanjut, Mu’min menuturkan, sekolah yang mendapatkan Adiwiatatingkat nasional bisa mendapatkan adiwiata mandiri, asalkan bisa membina 10 sekolah selama satu tahun. Dan bila selama 3 tahun berturut-turut mendapatkan Adiwiata Mandiri, maka sekolah tersebut berhak mendapat Adiwiata Emas yang diserahkan oleh Presiden.

Menurut Mu’min, SDN 2 Sindangrasa sepanjang tahun 2013, sudah mendapatkan 3 tropi berturut-turut, yakni tropi dari Adiwiata Kabupaten, Provinsi dan yang terakhir Nasional. “Ini merupakan kebanggaan bagi sekolah, dan akan terus ditingkatkan supaya mendapatkan Adiwiata Emas. Dengan demikian, dapat menjadi torehan prestasi bagi sekolah khususnya, dan umumnya bagi Pemerintah Kabupaten Ciamis,” katanya.

Dia juga berharap, Pemerintah Kabuapten Ciamis, Dinas Pendidikan dan UPTD, mengagendakan program pembinaan bagi sekolah-sekolah tentang pemahaman lingkungan.  Tujuannya agar sekolah-sekolah di Ciamis dapat meraih penghargaan yang lebih tinggi.

Kepala SDN 2 Sindangrasa, Warsiti S.Pd., mengaku bangga, karena berhasil mempertahankan keasrian dan kebersihan di lingkungan sekolah. Hal itu tidak luput dari komitmen serta kebersamaan dari seluruh elemen yang ada di sekolah. Semuanya bersama-sama menjaga sekolah yang sudah mereka anggap seperti rumah kedua tersebut.

Warsiti menuturkan, kesuksesan ini membuktikan bagaimana kerjasama antar siswa serta guru. Mereka berpartisipasi aktif dalam mencintai alam dan lingkungannya. “Kesadaran generasi muda untuk mencintai lingkungan inilah yang harus ditumbuhkan, agar nantinya generasi muda selalu peduli dan merawat alam dengan baik,” pungkasnya. (Heri/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!