SMKN 1 Padaherang Pangandaran; Lulusan Program ‘Tein’ Banyak Diserap Dudin

20/12/2013 0 Comments
SMKN 1 Padaherang Pangandaran; Lulusan Program ‘Tein’ Banyak Diserap Dudin

Pihak SMKN 1 Padaherang menunjukkan hasil karya dari siswa Program Jurusan Teknik Industri (Tein). Photo : Madlani/HR

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, memberikan perhatian lebih terhadap program jurusan Tenologi Industri (Tein). Pasalnya, jurusan Tein sudah meraih sejumlah prestasi.

“Misalnya, merancang desainer system proses kontrol Industri, berupa mesin sederhana otomatis ataupun semi-otomatis,” ungkap Drs. Dede Tarlana, MM, Kepala SMKN 1 Padaherang, ketika ditemui HR, Jum`at (13/12).

Dede menuturkan, peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan siap bersaing di dunia industri, membutuhkan kompetensi keahlian. Menurut dia, Moto yang diusung SMKN 1 Padaherang tidak terlalu muluk.

“Kami ingin lulusan sekolah ini bisa mengaplikasikan ilmunya di masyarakat, dan bisa bersaing di dalam dunia kerja dan industri (Dudin) nantinya,” tutur Dede.

Kepada HR, Dede mengakui, selain program keahlian Geologi Pertambangan, lulusan program jurusan Teknologi Industri (Tein) juga sudah banyak diterima di sejumlah perusahaan ternama di indonesia.

“Lulusan Tein banyak yang diterima perusahaan besar, seperti Pabrik Samsung, LG serta perusahaan yang menggunakan proses kontrol industri. Ada juga lulusan yang sudah mandiri membuka usahanya sendiri,” katanya.

Dede menuturkan, Program Jurusan Tein sudah mengeluarkan 2 angkatan. Pembelajaran Tein didukung juga oleh tenaga pengajar (pembimbing) ahli dan kompeten. Diantaranya Oscar Satriana, S.Kom (Ketua Jurusan/ Kaproli), Dadan Darmawan, Amd (Staf Teknik), Restu Abadi Sukma, SPd, (Adm), Dede Sutanto, ST (toolman), dan Jahidi, ST (staf teknik).

Karya Tein, kata Dede, yaitu merancang System Proses Kontrol Industri apa saja, salah satu contoh karyanya Gerbang Otomatis. Kemudian membuat Alternatif Sumber Energi Mandiri, berupa Panel Surya (Solar Sell), untuk mengatur penyimpanan stabil di berbagai cuaca, terik maupun mendung. Kemudian, mesin sortir barang, dan Simulator buka tutup palang pintu kereta dan Lift.

Kaproli atau Ketua Jurusan Tein, Oscar Satriana, S.Kom, mengatakan, para siswa yang mengikuti program jurusan Teknologi Industri sudah berhasil memperoleh sejumlah prestasi, misalnya saat Lomba Kompetensi Siswa tingkat Propinsi di bidang Otomasi Industri.

“Siswa sendiri sangat antusias. Mereka menyempurnakan Solar Sell Panel Surya Penyimpan energi, yang biasa 8 jam kondisi terik matahari, dan 4 jam kondisi mendung, dirubah menjadi standar dan tidak tergantung terik ataupun mendung,” jelas Oscar.

Di masa yang akan datang, kata Oscar, Solar Sell Panel Surya ini bisa membantu program pemerintah untuk Desa tertinggal yang tidak terjangkau oleh PLN. Selain itu, SMKN 1 Padaherang juga akan mengembangkan Mesin Pengolah Kakao dari fermentasi kering sampai ke bahan setengah jadi.

“Rancangan dan panduan sudah kami susun. Hanya tinggal menunggu investor ataupun penggalang dana untuk pembelian peralatannya. Peralatan ini sangat bermanfaat bagi siswa dan bisa dijadikan sebagai daya tarik bagi masyarakat,” ucapnya.

Oscar mengakui, pihaknya masih terkendala soal ketersediaan sarana dan prasarana penunjang kegiatan program jurusan Tein. Program Tein membutuhkan ruangan khusus yang memadai setiap kegiatan pembelajaran para siswa. (Mad/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!