Soal Pabrik Semen, PK KNPI Padaherang; ‘Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati’

21/12/2013 0 Comments
Soal Pabrik Semen, PK KNPI Padaherang; ‘Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati’

Photo Ilustrasi Net/ Istimewa

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Padaherang, menyatakan, pada hakekatnya pembangunan pabrik maupun pembangunan-pembangunan yang lain itu sangat bermanfaat bagi semua unsur elemen masyarakat. Karena adanya pembangunan, disadari atau tidak akan ada peningkatan ekonomi di masyarakat.

“Akan tetapi jika dipertimbangkan antara dampak positif dan negatifnya, ternyata negatifnya lebih besar. Maka harus ada pertimbangan yang benar-benar matang, untuk menerima berdirinya sebuah pembangunan pabrik semen,” ungkap Solihudin, SIP, Ketua KNPI Kecamatan Padaherang, Senin (16/12).

Solihudin menuturkan, resiko yang besar (madarat) dalam pembangunan pabrik harus dihindari. Karena semua itu untuk menciptakan dan menyelamatkan lingkungan dari kerusakan permanen.

Menurut Solihudin, mencegah dari kerusakan itu lebih baik, daripada mengobati atau memperbaikinya. sebelum terjadi sesutu yang tidak diinginkan, lebih-lebih tidak baik untuk generasi anak dan cucu, maka wacana pembangunan pabrik itu harus dikaji terlebih dahulu dengan berbagai disiplin ilmu, sehingga keberadaannya tidak menjadi bumerang masyarakat.

Lebih lanjut Solihudin menjelaskan, dia khawatir jika pembangunan pabrik benar-benar terealisasi, daya resap air menghilang, terjadi banjir bahkan banjir bandang. Begitu juga polusi udara yang ditimbulkan.

“Kesehatan masyarakat terganggu, batuk, dan sesak nafas. Dan sektor pertanian pun akan terganggu,” katanya.

Selanjutnya, Solihudin menilai, bila sebagain besar warga Padaherang menolak pembangunan pabrik, maka hal itu harus didengar dan dihormati. Penolakan warga juga tentunya sudah berdasarkan pertimbangan yang realistis.

“Kami kira, pendirian pabrik semen akan lebih baik, jika tidak berada di kawasan pertanian dan kawasan hijau. Apalagi Pangandaran merupakan kabupaten yang mempunyai Ikon Pariwasata,” pungkasnya. (Mad/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!