Tanggul Kedung Palumpung Jebol, Sawah di Ciganjeung Pangandaran Terendam Banjir

16/12/2013 1 Comment
Tanggul Kedung Palumpung Jebol, Sawah di Ciganjeung Pangandaran Terendam Banjir

Photo : Sawah Ciganjeng terendam banjir/ Net

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang terus menerus menguyur wilayah Kabupaten Pangandaran, satu minggu terakhir ini, mengakibatkan Sungai Kedung Palumpung meluap. Tanggul sungai pun mengalami jebol. Akibatnya, ratusan hektar sawah tenggelam terendam banjir.

Sedikitnya 360 hektar sawahmilik warga yang berada di blok Kedung Palumpung Desa Ciganjeung Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, terendam banjir. Banjir ini diakibatkan sebuah tanggul penahan air mengalami jebol sepanjang 10 meter. Tanaman padi yang siap dipanen pun terendam.

Banjir yang melanda areal pesawahan milik warga ini mencapai ketinggian 2 meter, bahkan bisa lebih. Air yang masuk ke area pesawahan warga begitu deras. Kini ratusan petani  hanya bisa pasrah dengan kondisi sawah yang terendam banjir.

Menurut Saiman, perangkat desa setempat, yang kebetulan memiliki areal sawah di blok Kedung Palumpung, mengatakan, sedikitnya 10 ton padi terendam dan belum bisa dipanen.

Saiman, menyayangkan, tanggul yang jebol itu terbilang tanggul baru, karena dibuat oleh pihak BBWS Citanduy di tahun 2013 ini. Warga berharap, perbaikan tanggul segera dilakukan untuk meminimalisir air yang masuk area pesawahan.

“Sampai saat ini belum ada peninjauan dari pihak pemerintah ataupun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy,” pungkasnya. (entang/R4/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

Leave a Reply