Tebing Setinggi 12 Meter di Baregebeg Ciamis Ambrol

18/12/2013 0 Comments
Tebing Setinggi 12 Meter di Baregebeg Ciamis Ambrol

Sejumlah warga sedang berada di lokasi terjadinya longsor, di Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Selasa (17/12 ). Foto: Dicky Heryanto Adjid/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akibat hujan terus-menerus mengguyur daerah Ciamis selama tiga hari berturut-turut, tebing setinggi 12 meter dengan panjang 12 meter di Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis ambrol, Selasa (17/12).

Gara-gara peristiwa itu, tanah longsoran menyumbat saluran sungai Cikukulu, sehingga air meluap membanjiri dua kolam milik warga yang berada di wilayah Desa Mekarjaya, masing-masing milik Ecin Kuraesin (52) dan H. Koswara (54).

Dari keterangan yang diperoleh HR, kerugian yang diderita Ecin Kuraesin, 50 kilogram ikan Gurame hilang. Sedangkan kerugian yang dialami H. Koswara, ikan nila milknya sebanyak 5 kuintal juga hanyut.

Kepala Desa Mekarjaya, Elan Kuswaya, ketika ditemui HR di lokasi longsor, mengatakan, longsor itu terjadi karena kondisi tebing yang tegak lurus, dan banyak rongga disekitarnya, sehingga resapan air mengisi rongga tersebut membuat tanah labil dan tidak kuat menahan beban.

“Kejadiannya siang, sekitar jam 11.30 WIB. Tiba-tiba tebing tersebut longsor dan tanah dari longsoran itu menyumbat aliran sungai Cikukulu. Namun dalam pristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa, kecuali isi kolam milik warga yang hilang,” ucapnya.

Untuk sementara ini, lanjut Kades, agar air sungai tidak terus meluap, warga bergotong royong menyingkirkan longsoran tanah dari sungai. “Kami melakukan pengerukan tanah yang menyumbat sungai, biar air sungai mengalir kembali,” katanya.

Sementara itu, pihak UPTD Workshop Bina Marga, menurunkan sejumlah personil untuk mensurvei lokasi bencana, mengingat longsoran tanah tidak bisa dikeruk dengan peralatan tradisional milik warga.

“Sore ini sudah kami turunkan personil,” ungkap Kepala UPTD Worksop Binamarga, Nono. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!