Terminal Cibeureum Sukamantri Ciamis Tak Berfungsi

22/12/2013 0 Comments
Terminal Cibeureum Sukamantri Ciamis Tak Berfungsi

Terminal Cibeureum Sukamantri terlihat sepi. Tak satupun kendaraan angkutan umum mangkal disana. Photo : Edji Darsono/HR

Sukamantri, (harapanrakyat.com),-

Terminal angkutan yang berada di bilangan Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Bara, sudah bertahun-tahun ini kurang berfungsi. Pasalnya, kendaraan umum jarang sekali mangkal di terminal, dan justru memilih mangkal di persimpangan.

Amas (46), warga Dusun Cibeureum, Sabtu (14/12), membenarkan selama ini terminal tersebut kurang berfungsi dengan baik. Padahal, banyak calon penumpang yang ingin bepergian ke arah Cikijing, Majaleng dan Cirebon, sering menunggu di kawasan tersebut.

Di tempat terpisah, Memed, seorang sopir, tidak menyangkal bahwa terminal itu jarang dijadikan tempat mangkal angkutan umum. Alasannya, setiap angkutan sudah memiliki pelanggan masing-masing.

“Sopir atau kendaraan biasanya langsung menjemput penumpang ke rumah, atau ke tempat dimana saat itu mereka berada. Terlebih pusat keramaian dan terminal sangat berjauhan,” katanya.

Kepala UPTD Terminal Kawali, Maman Supratman, S.Sos, mengatakan, alasan para pengemudi untuk memilah ‘ngetem’ di persimpangan memang masuk akal. Bayangkan saja, kalau sopir ingin membayar TPR, dari tempat keramaian harus menempuh sekisar 2,5 km. Meski demikian, target setoran tetap tercapai, aman dan terkendali.

Ketua Organda Didi Kamsidi, Senin (16/12) mengatakan, Terminal Cibeureum dibangun sejak 6 tahun silam. Dia juga membenarkan, kondisinya sepi dan kurang berfungsi.

“Biar ramai, Pemkab Ciamis segera mempersiapkan untuk membuka jalur trayek baru. Apalagi, ada wacana bandar udara akan segera dibangun di Kabupaten Majalengka. Sukamantri tentunya akan jadi jalur ramai kendaraan,” pungkasnya. (dji/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!