Wah! Kejari Ciamis Didesak Tuntaskan Kasus Korupsi

09/12/2013 0 Comments
Wah! Kejari Ciamis Didesak Tuntaskan Kasus Korupsi

Ratusan mahasiswa (FORMAT), menggelar aksi di halaman Kantor Kejari Ciamis. Photo : Dian Sholeh WP/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Ciamis Bersatu (FORMAT), menggelar aksi ke Kejaksaan, Pemerintahan Daerah dan DPRD Kabupaten Ciamis. Aksi tersebut dalam rangka memperingati hari anti korupsi.

Korlap Aksi, Hilman, ketika ditemui HR di sela-sela aksi, Senin (10/12), mengatakan, dengan adanya hari anti korupsi, benar-benar bisa melahirkan atmosfir kuat untuk pelaksanaan supremasi hukum di Kabupaten Ciamis.

Pihaknya juga mendesak, lembaga penegak hukum untuk terus melakukan pemberantasan Tindak Pidana korupsi di bumi tatar galuh. Dan juga mendesak Pemkab untuk peka terhadap kasus-kasus Tipikor yang ada di Ciamis dan berkomitmen menyelesaikannya secara tuntas.

”Kami mendesak lembaga penegak hukum untuk bisa mengusut dan memberantas kasus korupsi dan sama-sama memeranginya. Pasalnya korupsi merupakan pelanggaran HAM yang nyata,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hilman menuturkan, lembaga hukum khususnya, harus mempunyai komitmen yang kuat dalam memberantas korupsi, bahkan menyatakan perang terhadap korupsi demi menegakan hukum di tatar galuh Ciamis.

Sementara itu, kepala Kejaksaan Ciamis, Joko Suyanto, mendukung penuh aspirasi mahasiswa dalam memerang korupsi. Dan akan menindak sesuai dengan hukum yang berlaku.

Bahkan, pihaknya dalam anti korupsi sudah mengkampanyekan ke anak sekolah tingkat SLTA, lewat pembagian sticker dan pembagian baju. Dengan tujuan, permasalahan korupsi harus sudah dicegah dari sedini mungkin.

”Selama tahun 2013, sedikitnya ada 6 kasus korupsi di Kabupaten Ciamis, dan diantaranya sudah ada yang melewati penyidikan dan ada yang masih proses,” tuturnya.

Kasus yang sudah selesai dalam penyidikan, diantaranya kasus Hactery, Raskin, dan KUR BNI. Sedangkan kasus yang masih dalam tahap penyidikan tinggal dua.

”Kami sebagai lembaga penegak hukum akan terus bekerja  dan memberantas kasus korupsi khususnya di Kabupaten Ciamis. Dan kami pun membutuhkan peran aktif masyarakat,” pungkasnya. (DSW/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!