Wah! Lapas Banjar Akan Terima 50 Napi dari Lapas Narkotika Bandung

17/12/2013 0 Comments
Wah! Lapas Banjar Akan Terima 50 Napi dari Lapas Narkotika Bandung

Warga binaan limpahan dari Lapas Kebon Waru Bandung dan Lapas Ciamis tengah dicek kesehatannya oleh petugas dari Puskesmas Pataruman III dan Dinas Kesehatan Kota Banjar, bertempat di Ruang Klinik Lapas Banjar. Foto : Eva Latifah/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Puskesmas Pataruman III bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjar, dan LSM Mutiara, menggelar Mobile Clinic di Ruang Klinik Lapas Banjar, Selasa (17/12). Dalam kegiatan tersebut, 56 warga binaan limpahan dari Lapas Kebon Waru Bandung dan Lapas Ciamis di tes HIV.

Dr. Rendy, petugas Puskesmas Pataruman III, mengatakan, pemeriksaan dilakukan secara keseluruhan, termasuk tes HIV-nya melalui pengambilan sampel darah.

“Warga binaan yang baru datang diperiksa kesehatannya untuk mendeteksi secara dini apabila ada warga binaan yang terindikasi penyakit kelamin atau HIV. Sampel darah yang diambil akan dites melalui tiga reagen. Ini untuk memastikan apakah positif HIV atau tidaknya,” kata Rendy.

Kepala Lapas Banjar, Drs. Dadang Sudrajat, M.Si., mengatakan, setiap warga binaan yang baru wajib dites kesehatannya.

“Walaupun mereka sudah membawa surat keterangan kesehatan, dan tidak ada yang terinfeksi HIV, tapi tetap kami lakukan tes kembali. Dari jumlah 56 napi limpahan itu, 26 diantaranya dari kasus narkoba dan sisanya pidana umum,” paparnya.

Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan terhadap semua warga binaan di Lapas Banjar dilakukan secara rutin setiap satu minggu sekali.

“Total jumlah warga binaan yang ada di Lapas Banjar saat ini ada 170 orang, terdiri dari narapidana dan tahanan. Rencananya minggu depan akan ada limpahan lagi 50 orang dari Lapas Narkotika Jelekong, Ciparay, Bandung,” kata Dadang.

Namun sampai saat ini di Lapas Banjar belum menerima napi perempuan lantaran belum ada petugas khusus. “Kalau bloknya di sini sudah siap,” pungkasnya. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!