Warga Baregbeg Ciamis Cemas, Timbunan Longsor Sulit Disingkirkan

19/12/2013 0 Comments
Warga Baregbeg Ciamis Cemas, Timbunan Longsor Sulit Disingkirkan

Sejumlah warga Dusun Balemoyan RT 01/RW 01, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, saat melakukan gotong royong menyingkirkan timbunan longsor dengan alat seadanya, Rabu (18/12). Foto: Dicky Heryanto Adjid/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tanah longsor yang terjadi di Dusun Balemoyan RT 01/RW 01, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Selasa (18/12) siang, ternyata menimbulkan persoalan.

Akibat longsoran tanah setinggi 3 meter menutupi Sungai Cikukulu, membuat warga setempat harus gotong royong mengeruk tanah dengan alat seadanya. Meski begitu, timbunan tanah longsor belum dapat disingkirkan. Akibatnya, luapan air sungai yang tersumbat longsoran tanah meluap hingga menutupi sejumlah kolom ikan milik warga.

“Kami keruk dengan alat seadanya bersama-sama warga, habis mau bagaimana lagi. Kalau dibiarkan ditakutkan terjadi banjir dan mengancam rumah warga,” kata Ketua RT setempat Ili, kepada HR, Rabu (18/12).

Ili mengatakan, sudah menggunakan alat seadanya, warga yang ikut gotong royong pun terbatas. Sementara upaya Binamarga Ciamis untuk menanggulangi longsoran tanah yang menutupi sungai ternyata gagal, karena tidak ada akses jalan untuk alat berat masuk ke lokasi longsor.

“Terus terang warga di sini cemas. Karena Sungai Cikukulu kalau terjadi hujan lebat kerap terjadi peningkatan debit air. Jika dibiarkan, kami khawatir akan terjadi banjir dan merendam rumah warga, ” pungkasnya. (DK/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply