3 Milyar Disiapkan Buat DED Jalur KA Banjar-Pangandaran

22/01/2014 0 Comments
3 Milyar Disiapkan Buat DED Jalur KA Banjar-Pangandaran

Salah Stasiun KA lama di wilayah Pangandaran. Photo : Asep Kartiwa/ HR

Cijulang, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah pusat sudah mengalokasikan sebesar Rp 3 miliar untuk Detail Enginer Design (DED) perbaikan infrastruktur jalan kereta api menuju Kabupaten Pangandaran. Hal itu disampaikan langsung Sekertaris Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat, Dedi Supriyadi, kepada awak media belum lama ini.

“DED-nya sudah ada. Yakni jalur kereta api Banjar-Cijulang,” ujar Dedi.

Setelah DED ditentukan, kata Dedi, juga adanya dorongan dari Gubernur dan rekan-rekan di legislatif, dia berharap pemerintah pusat juga akan segera melakukan rehabilitasi terhadap infrastruktur jalan kereta api.

“Bila tahun 2014 ini DED beres, lalu ke tahap analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). Setelah itu baru infrastruktur,” katanya.

Menurut Dedi, kereta api Banjar-Cijulang, Pangandaran sudah sudah pasti diaktfikan kembali. Jalur tersebut sangat menunjang kepariwisataan. Segmennya, terowongan dan jembatan pemandangan pantai.

Dedi menambaha, jalur kereta api lama yang tidak berfungsi, akan digunakan kembali. “Kalau memang masih bisa diupayakan, ya kita gunakan lagi. Memang kalau dilihat dari kondisi lahan, itu mudah longsor. Kemungkinan kita juga akan mencari jalur yang lainnya. Yang penting dilihat juga dari segi keamanannya,” ujar Dedi. (ntang/askar/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!