4 Kecamatan di Ciamis Jadi Parameter Penghitungan Inflasi

31/01/2014 0 Comments
4 Kecamatan di Ciamis Jadi Parameter Penghitungan Inflasi

Foto: Ilustrasi/Net Istimewa

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Lima Kecamatan di Kabupaten  Ciamis jadi parameter penghitungan kenaikan harga atau inflasi kabupaten. Kelima kecamatan tersebut adalah Ciamis, Banjarsari, Sindangkasih dan Kawali. Meski dalam prakteknya, pengukuran inflasi masih melibatkan Kecamatan Pangandaran sebagai sample pengukuran.

“Yang menghitung angka-angka di empat kecamatan di Ciamis ini, termasuk Pangandaran dilakukan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) Ciamis,” ujar Sekretaris Bappeda Ciamis, David Firda, yang didampingi Kabid Ekonomi Bappeda, Iskandar, Kamis (30/01/2014)

Menurut David, hasil pengukuran Inflasi di masing –masing kecamatan nantinya akan dihitung ulang  untuk  memperoleh angka Inflasi Kabupaten Ciamis. “Hitungan akhirnya akan dijadikan masukan ke Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang di Ketuai Sekda Ciamis,” ucap David.

Ketika didesak lebih jauh berapa angka inflasi Kabupaten Ciamis di bulan Januari 2014 ini, David enggan menjelaskan lebih lanjut mengingat pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak BPS Ciamis. “ Nanti tunggu data dari BPS keluar,” jawabnya.

Masih menurut David, kebijakan untuk melakukan operasi pasar pun akan ditentukan oleh rapat TIM Pengendali Inflasi Daerah yang akan berkoordinasi dengan BI Tasikmalaya.

“Kita ukur dulu seberapa besar tingkat inflasinya, sebelum diambil kebijakan operasi pasar,” pungkasnya. (DK/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply