Amankan Pileg di Ciamis, 12 Ribu Linmas Disiapkan

16/01/2014 0 Comments
Amankan Pileg di Ciamis, 12 Ribu Linmas Disiapkan

Foto: Ilustrasi/Istimewa Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 12 ribu anggota Pertahanan Sipil (Hansip) atau Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyatakan siap untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan berlangsung 9 April 2014 mendatang.

Hal itu dikatakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Yusuf S.A, saat ditemui HR, Senin (13/1). Dia mengatakan, sekarang Linmas yang sebelumnya dibawah Kesbang Polinmas, per tanggal 2 Januari 2014 menyatu dengan Satpol PP Kabupaten Ciamis.

”Garis kordinasi Linmas, saat ini berada di bawah Satpol PP. Termasuk juga nanti dalam pembinaannya. Kedepan, kita akan terus lebih meningkatkan pembinaan, apakah itu berbentuk pelatihan atau pun yang lainnya,” ujarnya.

Yusuf menuturkan, Satpol PP siap mengamankan berlangsungnya Pileg 2014. Dan sudah tentu yang akan dipersiapkan adalah Linmas terlatih. Namun, diakui Yusuf, jumlah Linmas di Ciamis tidak akan cukup untuk pengamanan di semua TPS.

Seandainya dalam pengamanan di TPS nanti kekurangan Linmas, sesuai dalam aturan di KPU harus mengambil dari masyarakat yang dianggap mampu dalam pengamanan di TPS.

”Saya lihat Linmas sebelum masuk ke Sat Pol PP sudah bagus. Banyak yang sudah terlatih. Kita disini tinggal meningkatkan lagi dengan memberikan pencerahan, pembinaan, agar bisa bermanfaat dalam membantu masyarakat,” tuturnya.

Meski begitu, Yusuf menambahkan, sampai saat ini, pihaknya mengaku belum ada  kesejahteraan untuk anggota Linmas. Kesejahteraan Linmas masih mengandalkan dari Alokasi Dana Desa (ADD) dari masing-masing desa.

”Yang sudah berjalan dari Pemerintah untuk Linmas yaitu bantuan kambing bergulir. Dan kita juga akan mengusulkan kembali bantuan ini. Nanti yang menilai pengelolaan ternaknya kita serahkan ke Dinas Peternakan,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!