Awal Februari, Budayawan Pangandaran Gelar Acara

25/01/2014 0 Comments
Awal Februari, Budayawan Pangandaran Gelar Acara

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Budayawan Pangandaran akan menggelar kesenian budaya tradisional tari ronggeng gunung dan bela diri pencak silat pakidulan. Rencananya acara tersebut akan digelar pada awal Februari tahun 2014, di lapangan Merdeka Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Camat Pangandaran, Suryanto SH,MM, mengatakan, hal itu untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Pangandaran. Dia juga berobsesi untuk melestarikan kebudayaan lokal tarian ronggeng gunung.

“Kami, para budayawan, seniman dan IPSI (Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia) Pangandaran akan mengangkat seni tradisional. Akan bersama-sama menjaga kelestarian dan mengembangkan itu untuk menunjang pariwisata di Pangandaran,” ujarnya.

Saprudin HN, SPd.,Mpd, budayawan Pangandaran, mengatakan, tujuan pegelaran seni tradisional itu untuk meningkatkan pariwisata di Pangandaran. “Bukan obyek wisata saja yang harus dikembangkan, tapi Pangandaran juga mempunyai potensi seni budaya tradisional, ” katanya.

Di tempat terpisah, Ketua IPSI Pangandaran, Drs. Hendar Suhendar, mengatakan, pagelaran seni budaya tersebut juga sebagai upaya melestarikan seni bela diri pencak silat asuhan Sdr Budi Anggara.

“Acara tersebut juga dirangkaikan dengan pelantikan kepengurusan IPSI Pengcab Kabupaten Pangandaran oleh IPSI Provinsi Jawa Barat,” ujar Hendar. (Ntang/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!