Bandara Nusawiru Pangandaran Akan Diperluas 50 Hektar

23/01/2014 0 Comments
Bandara Nusawiru Pangandaran Akan Diperluas 50 Hektar

Sejumlah pesawat sedang landing di landasan Bandara Nusawiru. Photo : Madlani/ HR

Cijulang, (harapanrakyat.com),-

Bandar Udara (Bandara) Nusawiru yang kini menjadi kebanggaan masyarakat Pangandaran, rencananya akan diperluas. Bandara yang memiliki luas 53 hektar ini biasanya hanya menampung peswat-pesawat kecil.

Tapi menurut Kordinator Pengelolaan Bandara Nusawiru, Hendra Gunawan, Jum`at (17/1), menyebutkan, kedepannya nanti, bila Bandara tersebut diperluas bisa digunakan untuk landing pesawat jenis Boeing.

Hendra menuturkan, pihaknya berencana menambah luas bandara mencapai sekitar 50 hektar. Saat ini, proses pembebasan tanah sedang dilakukan. Dia juga menyebutkan, landasan pacu yang ada baru sekitar 1.400 meter.

“Standarnya, 1850 – 2000 meter. Petugas di Bandara Nusawiru ada 11 orang. Mereka mengurusi operasi penerbangan dan pelatihan untuk siswa penerbang,” katanya.

Diakui Hendra, pihaknya juga bekerjasama dengan Bandung Pilot Akademi (BPA), menggelar Flying School, pelatihan penerbangan bagi mahasiswa BPA. Pelatihan ini diikuti sekitar 29 orang mahasiswa. Kegiatan itu dilakukan secara rutin.

Dewi (38), penjula makanan asal Desa Kondangjajar, Cijulang, yang biasa mangkal di Komplek Bandara Nusawiru sejak tahun 2001, mengaku, mendapat berkah tersendri semenjak Pangandaran menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Aktifitas di Bandara Nuswiru lebih ramai. Omset jualan makanan pun ikut meningkat,” katanya. (Mad/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!