Bengkel Cat Mobil di Pangandaran Tertimbun Longsor

29/01/2014 0 Comments
Bengkel Cat Mobil di Pangandaran Tertimbun Longsor

Anggota TNI dan warga saat mengevakuasi longsoran yang menimpa sebuah bengkel. Photo: Hermanto/ HR

Kalipucang, (harapanrakyat.com),-

Sebuah bengkel cat mobil, di Dusun Cibuluh RT 16/04 , Desa Cibuluh, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Selasa (28/1/2014) pagi, sekitar pukul 10.00 WIB, tertimpa longsoran tebing batu kapur setinggi 20 meter. Peristiwa ini terjadi lantaran di wilayah tersebut terus diguyur hujan selama satu malam, sehingga tebing batu kapur longsor dan mengubur bengkel beserta semua peralatannya.

Endang Kurnia (38), pemilik bengkel, mengatakan, dirinya saat itu sedang keluar dan akan membawa mobil ke rumah konsumennya untuk diperbaiki. Setelah tiba di rumah, Endang kaget bukan kepalang melihat tempat usahanya rata terkubur longsoran. Saat akan diwawancara, Endang terlihat masih shock dan belum bisa dimintai keterangan.

Yadi (32), salah satu karyawan bengkel, menuturkan, semua karyawan sedang menjalankan rutinitas seperti biasanya. Namun tiba-tiba terdengar suara jatuhan tanah, ketika menoleh kearah atas, ternyata tebing batu kapur yang berada di belakang bengkel longsor.

“Kami semua berlarian keluar, namun peralatan bengkel tidak bisa diselamatkan,” ujarnya kepada HR, Selasa (28/01/2014).

Kanit Reskrim Polsek Kalipucang, Aiptu Casim, mengatakan,  dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Namun kerugian ditaksir sekitar Rp. 40 juta. Menurutnya, tebing yang longsor ini sekitar 90 derajat atau posisinya horisontal.

Danramil Kalipucang, Kapten Inf. Erik Kusumah, mengatakan, setelah mendengar ada informasi tebing longsor, dirinya memerintahkan anggotanya langsung terjun ke lokasi. Dengan penuh semangat, para anggota koramil pun dibantu warga sekitar terjun langsung ke lokasi untuk membantu evakuasi longsoran yang menimbun bengkel itu.

“Begitu ada laporan, kami langsung terjun ke lokasi berbaur dengan warga untuk mengevakuasi longsoran,” ujar Danramil Kalipucang.

Kepala Desa Cibuluh, Budi Andriyanto, mengatakan, dirinya beserta warga pun langsung datang ke lokasi, bahkan dibantu beberapa anggota dari Koramil Kalipucang untuk mengevakuasi longsoran.

“Kami langsung datang ke lokasi untuk membantu evakuasi longsoran, tidak hanya itu kami pun dibantu oleh beberapa anggota dari Koramil,” ujarnya.

Budi menghimbau kepada warga yang rumahnya dekat atau bahkan di bawah tebing batu kapur, supaya selalu waspada, lantaran di musim hujan seperti sekarang ini tebing-tebing tersebut rawan longsor. (Hermanto/Ntang/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!