BPPD Jabar ‘Dongkrak’ Angka Wisatawan Pangandaran

17/01/2014 0 Comments
BPPD Jabar ‘Dongkrak’ Angka Wisatawan Pangandaran

Wagub Jabar, Dedi Miwar, saat melakukan kunjungan ke kawasan wisata Pangandaran. Photo : Entang Saeful Rachman/ HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Barat terus berupaya mendongkrak angka kunjungan wisatawan, baik mancanegara ataupun domestik, ke kawasan obyek-obyek wisata yang ada di Jawa Barat.

Salah satunya Kawasan Obyek Wisata Pangandaran, yang merupakan aset terbesar pariwisata Jawa Barat. Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jabar, Dedi Mizwar, saat berkunjung ke Cagar Alam, Pantai Timur Pangandaran, belum lama ini.

Menurut Dedi, saat ini angka kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke kawasan obyek wisata yang ada di  Jabar tidak lebih dari 15 persen. “Oleh karena itu Pemprov akan terus mengali dan mencari solusi, mengembangkan tempat-tempat wisata di daerah, seperti halnya Pangandaran yang sarat akan potensi wisata. Saat ini, Pemprov sedang meidentifikasi potensi wisata yang ada,” katanya.

Lebih lanjut, Dedi menuturkan, selama ini wisatawan mancanegara hanya mengenal Bandung. Dia juga menyebutkan, selain Pangandaran, potensi wisata Jabar yang menarik minat wisatawan antara lain Garut dan Purwakarta.

“Banyak tantangan yang harus dihadapi untuk mengembangkan wisata di beberapa kota di Jabar. Pemprov akan berupaya untuk menyelesaikan persoalan kebersihan dan keamanan. Selain itu, infrastuktur jalan yang rusak menuju kawasan wisata, menjadi fokus utama Pemprov,” sambung Dedi.

Di tempat yang sama, Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandy, mengatakan, kondisi jalan menuju ke kawasan obyek wisata yang ada di Pangandaran cukup memprihatinkan. Jalan rusak itu diantaranya, akses jalan menuju wisata Pantai Batu Hiu, Green Canyon dan Batukaras Cijulang.

“Jalan rusak sepanjang 7 kilometer masih belum diperbaiki. Kendati demikian, Pemkab sudah menyampaikannya kepada Pemprov Jabar, melalui Wakil Gubernur. Saat ini, Wagub sudah mengetahui kerusakannya seperti apa, setelah turun ke lapangan,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Nana, pemerhati wisata, mengatakan, Pangandaran memiliki sejuta pesona alam yang indah. Sayangnya, hal itu kurang dipromosikan oleh Pemerintah. Hal inilah yang menjadi kendala utama para turis mancanegara jarang datang ke Pangandaran.

Nana optimis, objek wisata Pantai Pangandaran bisa menjadi andalan bagi Pemprov Jabar, seandainya banyak dipromosikan ke mancanegara. Misalnya saja melalui media internasional. (Ntang/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply