Bulan Dana PMI di Banjar tak Capai Target

22/01/2014 0 Comments
Bulan Dana PMI di Banjar tak Capai Target

Foto: Ilustrasi/Istimewa Net

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Realisasi pelaksanaan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjar untuk tahun 2013 tidak mampu memenuhi target. Dari target Rp.101 juta, hanya tercapai Rp.81.296.500 atau sekitar 80 persen.

Angka sebesar itu dikurangi untuk biaya operasional atau upah pungut (UP) petugas. Dengan demikian, maka jumlah bersih yang diterima PMI Kota Banjar sebesar Rp.73.166.850 atau sekitar 70%.

Kepala Markas PMI Kota Banjar, Defi Swandana, ketika ditemui HR, Senin (20/01), mengakui, bahwa hasil yang dicapai dalam penghimpunan dana PMI masih belum sesuai harapan. “Kami telah berusaha dengan pola yang ditempuh, tetapi kami menyadari bahwa hasil yang diperoleh belum sesuai harapan,” katanya.

Lebih lanjut Defi mengatakan, di tahun 2013, realisasi pencapaiannya pun lebih tinggi saat pelaksanaan Bulan Dana PMI tahun 2012. Artinya, perolehan yang didapat jauh merosot dibanding tahun sebelumnya.

Pada tahun 2012, pola yang digunakan dalam penarikan digarap langsung oleh markas. Sedangkan untuk tahun 2013 kemarin diserahkan pada setiap ranting PMI Kecamatan. Besar kemungkinan tidak tercapainya target akibat pola yang dijalankan berbeda dengan tahun 2012.

“Dalam pelaksanaan tahun 2014 ini kami akan memperbaiki pola yang sudah dilaksanakan di tahun 2013, yakni dengan pola penyebaran kupon lebih teratur dan lebih baik lagi, atau tinggal memperbaiki ritmenya saja,” ujarnya.

Defi juga berharap, kedepan setiap sekolah atau instansi di Kota Banjar akan lebih tergugah dan memperhatikan kegiatan sosial, serta mampu memberikan sumbangsih dana PMI sesuai target yang diharapkan.

Sebab, dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk kegiatan penting dalam pelaksanaan dan tugas PMI, seperti untuk kegiatan tanggap darurat bencana, pembinaan generasi pemuda, termasuk untuk kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) maupun relawan donor darah.

“Jika tidak memiliki dana, maka kami pun tidak bisa bergerak. Namun, meski tahun 2013 gagal tidak memenuhi target, kami tetap optimis dalam penggalangan dana kedepan akan memperoleh hasil yang baik,” pungkasnya. (Nanks/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply