Calhaj di Ciamis Kecewa, Jadwal Pemberangkatan Haji Ditangguhkan

30/01/2014 0 Comments
Calhaj di Ciamis Kecewa, Jadwal Pemberangkatan Haji Ditangguhkan

Foto: Ilustrasi/ Istimewa Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Salah seorang calon jemaah haji (Calhaj) asal Ciamis, Agus Dedi, warga Desa Petirhilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, mengeluhkan pengunduran jadwal pemberangkatan hajinya. Dia dan istrinya yang semula dijadwalkan berangkat pada tahun 2014 harus ditangguhkan dan kembali dimasukkan pada jadwal pemberangkatan tahun 2015.

Agus sendiri memiliki nomor porsi keberangkatan haji dengan nomor 1000385645.“Saya daftar bersama istri, bulan Maret 2011,  dan dijanjikan berangkat ke tanah suci tahun 2014 ini. Namun, kemarin ada pemberitahuan bahwa jadwal pemberangkatan saya diundur jadi tahun 2015. Saya jelas kecewa, ada apa ini kok Kemenag seenaknya saja mengundurkan jadwal,” tegasnya.

Ditemui terpisah, Kasi Haji Kementerian Agama (Kemenag) Ciamis, H. Asep Lukman, mengatakan, pengunduran pemberangkatan tersebut berlaku secara Internasional. Menurut dia, dari kuota 300 calhaj dari Ciamis,  dikenai penurunan kuota sebanyak 20 persen.

“Masjidil Haram saat ini sedang dibangun dan diperluas. Jadi ada kebijakan penurunan kuota secara Internasional, otomatis berdampak pada kuota nasional dan daerah, termasuk Ciamis,” ujarnya.

Asep menjelaskan, kebijakan penurunan kuota tersebut diprediksi hingga musim haji tahun 2016 mendatang. “Kapasitas tempat ibadah haji biar memadai sehingga Masjidil Haram diperluas dan berefek terhadap penurunan kuota jemaah haji. Jadi, tidak ada permainan terkait pengunduran jadwal ini,” pungkasnya. (DK/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!