Gara-Gara Hujan Deras, Tebing Setinggi 50 Meter di Ciamis Ambrol

08/01/2014 0 Comments
Gara-Gara Hujan Deras, Tebing Setinggi 50 Meter di Ciamis Ambrol

Photo : Ilustrasi

Kawali, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Dusun Sukamanah, Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, beberapa pekan terakhir ini. Akibatnya, tebing setinggi kurang lebih mencapai 50 meter ambrol dan menutupi saluran pengairan di daerah setempat.

Yayat Hidayat, Kaur Ekbang Desa Sindangsari,ketika dihubungi HR melalui telepon genggamnya, Senin (6/14), mengatakan, longsor itu terjadi pada Sabtu sore. Meski, tidak ada korban jiwa, namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut Yayat, longsoran tanah tebing tersebut menutupi saluran irigasi hantap, irigasi sawah kuwu dan saluran datar. Bahkan saluran yang menggunakan talang pipa juga amblas setelah tertimbun tanah

Pada kesempatan yang sama, Yayat berharap, Pemerintah Kabupaten Ciamis segera memberikan bantuan, untuk mengatasi berbagai permasalahan yang disebabkan oleh longsornya tebing tersebut. Terlebih, tiga saluran irigasi utama untuk mengairi areal pesawahan menjadi tidak berfungsi.

Bisa dipastikan, imbuh Yayat, bila saluran tersebut tidak secepatnya digali, para petani tidak akan bisa mengelola dan menggarap sawah milik mereka. Begitu juga masyarakat yang berkebun atau berladang. (dji/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply