Gedung Pustu Purwasari Ciamis Nyaris Ambruk

Gedung Pustu Purwasari Ciamis Nyaris Ambruk

Gedung Pustu Desa Purwasari Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kondisinya memprihatinkan. Foto: Eji Darsono/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Gedung Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Purwasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, nyaris ambruk. Bagian atap pelapon rusak parah. Kusen pintu dan jendela pun lapuk dimakan usia. 

Kades Purwasari, Iyan Al Redi, belum lama ini, di ruang kerjanya, mengatakan, kerusakan gedung Pustu tersebut masuk kategori rusak berat. Selain bagian atap, kusen pintu dan jendela yang sudah mulai rapuh, ruangan praktek bidan desa juga bocor bila diguyur hujan.

Iyan mengaku, pihaknya sudah berulang kali melakukan perbaikan ringan. Namun, kondisinya yang sudah rusak berat, tidak bisa lagi ditanggulangi. Apalagi perbaikannya terbentur masalah biaya.

“Tahun lalu, sebenarnya sudah masuk dalam tahap perencanaan pembangunan yang anggarannya bersumber dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, namun batal. Kami tidak tahu apa penyebabnya,” katanya.

Neni, AM,Keb., Bidan Desa Purwasari, mengatakan, kerusakan paling parah terjadi di ruang praktek. Menurut dia, hal itu sangat mengancam kinerja petugas, bahkan pasien. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, aktifitas kebidanan terpaksa dipindah ke ruangan lain.

“Pelayanan bersalin, terpaksa dilakukan di rumah. Terpenting pelayanan bisa terladeni,” ungkapnya.

Meski begitu, Neni berharap, Pemerintah Kabupaten Ciamis segera melakukan rehabilitasi secara total gedung Pustu Desa Purwasari. Hal itu demia keselamatan dan kenyamanan petugas dan pasien. (dji/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles