Harga Sayuran Melambung, Pedagang di Ciamis Turun Omset

29/01/2014 0 Comments
Harga Sayuran Melambung, Pedagang di Ciamis Turun Omset

Foto: Ilustrasi/Net Istimewa

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Berbagai jenis sayuran di Pasar Manis Ciamis dalam sepekan ini mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga ini dipicu dari menurunnya pasokan yang disuplay petani akibat musim hujan yang mengganggu proses tanam sayuran.

Lala (30) pedagang sayur di blok F Pasar Manis Ciamis, mengaku saat ini berbagai jenis sayuran yang dijual dikiosnya mengalami kenaikan yang cukup tinggi, sehingga dengan tingginya harga tersebut mempengaruhi penjualanya.

“Mungkin karena pasokan terganggu akibat musim hujan. Jadi, harga-harga sayuran mulai merangkak naik dari hari sebelumnya. Seperti contoh, harga buncis semula dijual dengan harga Rp 13.000,- kini dijual dengan harga Rp 16.000,- , begitu pun harga jenis sayuran lainnya” katanya.

Dia mengatakan, dengan naiknya harga sayuran, membuat pembeli sedikit mengalami penurunan. Apalagi kenaikan berbagai jenis sayuran ini dibarengi juga dengan kenaikan harga beras. Dengan begitu, omset penjulannya pun menjadi menurun selama sepekan ini.

“Biasanya saya bisa menjual sayuran dalam sehari sampai puluhan kilo. Tetapi dengan adanya kenaikan harga, para pembeli pun mikir-mikir lagi saat mau membeli dengan jumlah banyak,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang sayur keliling Yoyoh, (55) mengaku saat ini dirinya mengurangi pembelian sayur yang akan dijual secara keliling ke kampung-kampung menyusul kenaikan harga yang melambung tinggi.

“Sebagai pedagang kecil saya sangat merasakan sekali dampak dari kenaikan ini. Sebab, saya langsung berhadapan dengan ibu-ibu rumah tangga yang membeli sayuran,” ucapnya. (Her/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply