Inilah 15 Program Prioritas Pembangunan di Kab. Pangandaran

28/01/2014 1 Comment
Inilah 15 Program Prioritas Pembangunan di Kab. Pangandaran

Di dekat jembatan perbatasan Kalipucang Kab. Pangandaran- Kab. Cilacap Jateng direncanakan akan dibangun tugu perbatasan dan rest area. Foto: Madlani/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Di tahun anggaran 2014, Dinas Pekerjaan Umum, Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dispuhubkominfo) Kabupaten Pangandaran, akan melaksanakan 15 program kegiatan fisik yang didanai oleh APBD Kabupaten dan Provinsi, maupun Dana Alokasi Khusus (DAK). Kegiatan tersebut saat ini masih dalam tahap lelang.

Saat ditemui HR di ruang kerjanya, Jum’at (17/01), Sekretaris Dispuhubkominfo Kabupaten Pangandaran, Oki D Mustari, mengatakan, 15 program kegiatan fisik itu diantaranya program pembangunan jalan dan jembatan.

“Program tersebut meliputi perencanaan pembangunan jalan dan jembatan, lokasinya di wilayah Kabupaten Pangandaran, sumber dananya dari APBD Kabupaten. Untuk kegiatan yang didanai dari APBD Provinsi yaitu peningkatan Jalan Pangleseran-Karangkamiri, dan Pangleseran-Cibatu, lokasinya di Kecamatan Langkaplancar,” kata Oki.

Selain itu, lanjutnya, peningkatan Jalan Emplak-Karapyak, lokasinya di Kec. Kalipucang, Jalan Cimindi-Cibanten dan Sinadangsari-Cibanten di Kec. Cijulang/Cigugur, peningkatan jalan masuk Karangtirta di Kec. Sidamulih, peningkatan Jalan Sp Cimerak-Madasari di Kec. Cimerak,

Sedangkan, program pembangunan jalan dan jembatan yang didanai oleh APBD Kabupaten diantaranya peningkatan Jalan Cicurug-Batukaras di Kec. Cijulang, Jalan Tol Gate Pangandaran dan Jalan Sidamulih-Kalijati di Kec. Pangandaran.

Kemudian, peningkatan bahu jalan, ruas jalan Cikembulan-Sidamulih yang lokasinya di Kec. Sidamulih, Jalan Padaherang-Mangunjaya di Kec. Padaherang, Jalan Bojongkondang-Singkup di Kec. Langkaplancar, peningkatan Jalan Sidamulih-Cikembulan di Kec. Sidamulih, Jalan Parigi-Pangleseran dan Pangleseran-Cibatu di Kec. Parigi, serta peningkatan Jalan Padaherang-Paledah di Kec. Padaherang.

Untuk program rehabilitasi/pemeliharaan jalan dan jembatan meliputi perencanaan pemeliharaan jalan dan jembatan, pemeliharaan rutin jalan kabupaten, dan pemeliharaan rutin jembatan, semuanya didanai oleh APBD Kabupaten.

Sedangkan, program peningkatan sarana dan prasarana Kebinamargaan meliputi pengadaan alat-alat berat berupa mini tracktor, pembuatan data base jalan dan pengadaan alat laboratorium. Sumber dananya dari APBD Kabupaten.

Selanjutnya, program peningkatan sarana dan prasarana aparatur kegiatannya meliputi pembangunan gedung Setda, gedung kantor Kec. Parigi, kantor Kec. Cigugur, kantor Kec. Langkaplancar, pembangunan gedung kantor DPPKAD, serta gedung kantor Dispuhubkominfo di Kec. Pangandaran. Semua kegiatan dalam program tersebut didanai oleh DAK.

“Program berikutnya yaitu pengembangan kinerja pengelolaan persampahan, kegiatannya jaringan persampahan, dananya dari APBD Kabupaten. Sedangkan untuk program pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi, rawa dan jaringan pengairan lainnya meliputi perencanaan teknik irigasi, operasi dan pemeliharaan irigasi,” paparnya.

Selain itu, lanjut Oki, rehabilitasi jaringan irigasi Citumang/Cinyalindung, jaringan irigasi Cibeureum dan rehabilitasi jaringan irigasi Cikembulan yang lokasinya berada di wilayah Kec. Sidamulih, proteksi tebing Sungai Citonjong di Kec. Parigi, dan normalisasi saluran pembuang Blok Umpeng di Kec. Pangandaran. Semua kegiatan tersebut didanai oleh APBD Kabupaten.

Kemudian, program pengendalian banjir meliputi peninggian tanggul dan pembuatan bangunan pintu klep Simpeureun di Kec. Parigi, sumber dananya dari APBD Provinsi. Sementara kegiatan yang didanai APBD Kabupaten yakni pengerukan Sungai Cikirai di Kec. Parigi, perbaikan daerah irigasi Ciputra Pinggan di Kec. Pangandaran, dan perbaikan saluran sekunder, pagerbumi, irigasi Cimandala yang lokasinya di Kec. Langkaplancar.

Untuk program pengembangan perumahan ada dua bagian, yang pertama kegiatannya meliputi pembangunan drainase lingkungan jalur Tengah Desa Cibenda, Kec. Parigi, lingkungan sehar perumahan (Sanitasi) di Kec. Pangandaran, Padaherang dan kec. Cigugur, dan RDTR Ibukota Kabupaten Pangandaran.

“Program pengembangan perumahan yang kedua meliputi belanja bahan bangunan bantuan rumah tidak layak huni, serta pembangunan jalan lingkungan. Kedua program pengembangan perumahan ini didanai oleh APBD Kabupaten,” kata Oki.

Program berikutnya yaitu pengembangan komunikasi dan informatika, kegiatannya berupa pengadaan peralatan jaringan computer/internet untuk LPSE, lokasinya di Kec. Pangandaran dengan sumber dana dari APBD Kabupaten.

Selanjutnya, program rehabilitasi dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas LLAJ, kegiatannya meliputi pengadaan alat-alat pengujian kendaraan, serta pembuatan bangunan pengujian kendaraan, lokasinya di Kec. Pangandaran, sumber dananya dari APBD Kabupaten.

“Untuk program peningkatan pelayanan angkutan kegiatannya hanya satu, yaitu peningkatan pelayanan angkutan di Kabupaten Pangandaran, sumber pendanaannya dari APBD Kabupaten,” ujarnya.

Oki menambahkan, ada pula program pembinaan dan pengembangan ketenaga listrikan yang kegiatannya meliputi pemasangan lampu PJU baru, rehab dan pemeliharaan rutin PJU, pembangunan jaringan listrik TR, pemetaan jaringan listrik pedesaan, pemasangan listrik IR/SR Pra KS, dan pemasangan PJU baru di Kec. Sidamulih. Semua kegiatan didanai oleh APBD Kabupaten.

Program rehabilitasi/pemeliharaan jalan dan jembatan di Kabupaten Pangandaran, kegiatannya meliputi pemeliharaan jalan kabupaten serta pemeliharaan rutin jembatan, sumber dana dari APBD Kabupaten.

Yang terakhir adalah program peningkatan sarana dan prasarana kebinamargaan di dinas terkait. Kegiatannya meliputi pengadaan alat berat dan alat laboratorium ke-PU-an, sumber dana dari APBD Kabupaten. (Mad/Eva/Koran-HR)

About author

Related articles

1 Comment

  1. joy August 06, at 10:32

    Kira kira kapan kang, pembangunan tugu perbatasan di kalipucang di bangun??

    Reply

Leave a Reply