Kodim Ciamis Tularkan Gerakan Menanam Sayuran

01/01/2014 0 Comments
Kodim Ciamis Tularkan Gerakan Menanam Sayuran

Dandim 0613 Ciamis, Lekol. Inf. Rudi Janpribadi, saat menunjukkan sayuran yang ditanam di pekarangan makodim. Photo : Heri/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-.

Untuk memenuhi kebutuhan akan sayuran, jajaran anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Komando Distrik Militer (KODIM) 0613 Ciamis, menanam tanaman sayuran. Penaman tanaman sayuran itu dengan metode memanfaatkan media botol kemasan bekas minuman, kemudian digantung di pekarangan markas.

Adapun jenis sayuran yang ditanam, merupakan jenis sayuran-sayuran yang dibutuhkan setiap hari, seperti bawang, saosin, bawang daun, cabe, serta sayuran lainnya. Bahkan bila ada halaman yang cukup luas, ditanami juga berbagai jenis tanaman buah-buahan.

Dandim 0613 Ciamis, Lekol. Inf. Rudi Janpribadi, ditemui di Makodim, di Jalan Jendral Ahmad Yani, mengatakan, penanaman sayuran itu memanfaatkan lahan yang di lingkungan makodim. Tujuannya, untuk mencukupi kebutuhan sayuran anggotanya. Selain itu, gerakan menanam tersebut juga sebagai pengingat, bahwa negara Indonesia adalah negara agraris (pertanian).

“Jika anggota sedang piket, sekedar untuk memenuhi kebutuhan akan sayuran disaat akan menyeduh mie intant, mereka akan langsung mengambilnya disini. Dengan kata lain mereka tidak perlu bersusah payah harus membeli ke warung,” ungkapnya.

Rudi menuturkan, selain di markas kodim, gerakan menanam sayuran ini juga dilakukan di kesatuan bawah, atau Komando Rayon Militer (Koramil), serta di masing-masing rumah para anggota TNI.

“Dengan mereka menanam sayuran, hal itu bisa mengurangi beban biaya rumah tangga. Karena untuk keperluan kebutuhan akan dapurnya bisa terpenuhi dari hasil tanaman mereka,” pungkasnya. (Her/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply