Masa Sebar Benih Padi di Banjar Dipercepat

09/01/2014 0 Comments
Masa Sebar Benih Padi di Banjar Dipercepat

Photo : Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Untuk menormalkan kembali musim tanam di akhir tahun 2014 nanti, UPTD Balai Benih Padi dan Bibit (BBPB) Dinas Pertanian (Distan) Kota Banjar, berupaya mempercepat masa tanam dengan pola mempercepat masa sebar benih disaat padi menguning.

Hal itu dikatakan Kepala UPTD Balai Benih Padi dan Bibit Distan Kota Banjar, Yaya Mulyana, kepada HR, Selasa pekan lalu. Menurutnya, upaya tersebut telah dimusyawarahkan dengan kelompok tani mitra UPTD.

Yaya juga menyebutkan, bahwa dampak dari adanya pembangunan saluran irigasi, serta tidak menentunya musim hujan di tahun 2013, mengakibatkan masa tanam menjadi molor selama satu bulan.

“Dengan pola seperti itu, maka satu minggu sebelum panen kita sudah siap sebaran. Kenapa menggunakan pola seperti itu, karena kita harus beda dengan petani konsumen, sehingga penjualan pun bisa lebih cepat. Sebab, ketika petani membutuhkan benih kita sudah siap. Dampaknya tentu akan mempercepat terhadap pelunasan target PAD,” katanya.

Lebih lanjut Yaya mengatakan, pelunasan PAD dari Balai Benih Padi dan Bibit pada tahun 2013 kemarin lebih cepat dari tahun sebelumnya. Memang pihaknya mengaku sempat pesimis target PAD bisa terealisasikan tepat waktu, lantaran musim kemarau terjadi sejak petengahan hingga menjelang akhir tahun.

Namun, setelah hujan turun sejak petengahan bulan Desember kemarin, akhirnya target PAD dari Balai Benih Padi dan Bibit sebesar Rp.637 juta dapat terealisasikan, yakni sekitar tanggal 17.

“Sebenarnya pelunasan diperkirakan dapat terealisasi di akhir bulan Desember. Bahkan saya sebagai Kepala UPTD membuat pernyataan kesanggupan pelunasan itu tanggal 20 Desember. Tapi Alhamdulillah, hujan turun pertengahan bulan Desember, sehingga kami bisa melunasi PAD sebelum tanggal kesanggupan,” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa pencapaian PAD yang tepat waktu merupakan hasil dari kerja keras semua petugas UPTD Balai Benih Padi dan Bibit. Pihaknya berharap, Pemerintah Kota Banjar kedepan lebih memperhatikan kebutuhan untuk operasional di UPTD. (Eva/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply