Napi Kasus Narkoba Dominasi Jumlah Warga Lapas Ciamis

02/01/2014 0 Comments
Napi Kasus Narkoba Dominasi Jumlah Warga Lapas Ciamis

Photo : Ilustrasi Net/ Istimewa

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bisa dibilang memprihatinkan. Sampai-sampai, jumlah warga Binaan yang terdapat di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas II B Ciamis, didominasi oleh tahanan dari Kasus Narkoba.

Kepala Seksi Pembinaan Lapas Ciamis, A. Mustari, Senin (30/12), mengatakan, dari total jumlah warga binaan lapas Ciamis yang mencapai 322 orang, diantaranya kasus Narkoba paling mendominasi, yaitu sebanyak 93 orang. 92 laki-laki dan 1 orang perempuan.

Kedua, warga binaan Lapas Ciamis didominasi kasus dari Undang-undang no 23 tentang perlindungan anak, seperti halnya kasus pencabulan anak di bawah umur, jumlah semuanya mencapai 83 orang.

Dan selebihnya warga binaan di lapas Ciamis didominasi oleh kasus kriminal dan kasus umum lainnya. Hukumannya pun bervariatif dari mulai satu tahun sampai 15 tahun.

”Memang sejauh ini warga binaan di Papas Ciamis masih didominasi kasus Narkoba. Kemudian disusul kasus perlindungan anak dan kasus kriminal yang bersifat umum,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNN Kabupaten Ciamis, drg. Engkan, menuturkan, memang untuk tahun sekarang, kasus penyalahgunaan Narkoba berkurang jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tahun sebelumnya, kata dia, kasus narkoba jumlahnya mencapai 42 orang, dengan jumlah BB (Barang Bukti) Ganja sebanyak 5.694,81 gram, shabu-shabu 0,5 gram. Sedangkan pada tahun 2013 berkurang, yaitu hanya 27 orang tersangka, dengan BB 7.690,24 gram ganja dan shabu-shabu 6,7 gram.

Pihaknya mengaku, akan terus melakukan langkah yang preventif, melakukan sosialisasi ke kalangan pelajar, pegawai swasta, instansi pemerintah dan ke masyarakat. ”Untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba, ada beberapa terobosan yang akan kami lakukan nanti di tahun 2014. Akan melibatkan masyarakat, ulama, LSM, aparat kepolisian, dan masyarakat,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply