Pakai Seragam TNI, JA Perdayai Pengusaha Rental Motor Ciamis

08/01/2014 0 Comments
Pakai Seragam TNI, JA Perdayai Pengusaha Rental Motor Ciamis

JA saat diperiksa Satreskrim di Mapolres Ciamis. Photo : Dian Sholeh WP/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Satuan Reserse kriminal (Satreskrim) Polres Ciamis berhasil menangkap JA (33), warga Cirebon. JA ditangkap atas laporan dari korban penipuan AS (48), pemilik rental motor, warga Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Kanit Ranmor, Aiptu Bambang,  Selasa (7/1), menuturkan, ditangkapnya JA berdasarkan atas laporan dari korban bernama AS. AS mengaku dirinya ditipu salah seorang konsumen, yang meminjam motor dan tidak kunjung dikembalikan.

Setelah adanya laporan itu, kata Bambang, pihaknya langsung melakukan pengembangan. Akhirnya, tersangka JA berhasil ditangkap dan langsung diamankan anggota, dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Cirebon.

”Menurut keterangan korban, tersangka saat datang untuk menyewa kendaraannya, memakai seragam ABRI,” ujarnya.

Lebih lanjut Bambang menuturkan, walaupun tersangka sudah bisa diamankan, akan tetapi Barang bukti (BB) satu unit kendaraan bermotor CS One seri Z 3030 TZ, belum bisa diamankan. Menurut keterangan tersangka, kendaraan tersebut digadaikan di wilayah Cirebon.

”Kami akan terus melakukan pengembangan. Kami yakin tersangka melakukan modusnya bukan hanya kali ini saja,” tuturnya.

Sementara itu, JA (pelaku), mengaku, motor yang disewanya sudah digadaikan ke temannya di wilayah Cirebon, dengan harga 3 juta. Dan uang hasil dari gadaiannya itu dipakai untuk membayar hutang.

JA juga mengaku, melakukan tindakan kejahatan itu baru pertama kalinya. Dan itupun karena terdesak oleh kebutuhan dan untuk menutupi hutang bekas pinjamannya. Atas perbuatannya itu, JA terpaksa harus mendekam di sel tahanan Mapolres Ciamis. JA dikenai pasal 372, 378 KUHP, tentang penipuan, dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply