Pengrajin Ciamis Sulap Sampah jadi Bernilai Ekonomis

09/01/2014 0 Comments
Pengrajin Ciamis Sulap Sampah jadi Bernilai Ekonomis

Pengrajin Sanggar Saung Barala, saat berada di Stand pekan promosi dan perdagangan, di Jl Koperasi. Photo : Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Koko Koswara (65), warga Ciamis, Jawa Barat, berhasil menyulap limbah atau sampah dan barang bekas menjadi barang unik yang bernilai ekonomis. Misalnya saja, batang bambu, batok kelapa, lidi, cangkang jengkol, kulit buah jambe dan bahan-bahan lainnya lagi.

Seperti yang terlihat digerai milik Koko, saat mengikuti pekan promosi dan perdagangan, yang dislenggarkan di kawasan Jl. Koperasi, Kabupaten Ciamis, Kamis (9/1). Barang-barang yang dijual Koko, berbahan barang-barang bekas dan sampah. Dia memanfaatkan itu untuk dikreasikan menjadi barang yang unik dan memiliki nilai jual.

“Saya bersama rekan-rekan di sanggar saung barala, menciptakan inovasi-inovasi, dimana barang-barang yang bagi orang lain dipandang sebelah mata, tapi semua itu untuk kami tidak. Berangkat dari hal itu, kami pun mencoba apa yang orang lain seolah tidak berguna, oleh kami dijadikan sebagai barang berharga,” ungkapnya.

Menurut Koko, media atau bahan yang digunakan untuk kerajinannya banyak tersedia di sekitar lingkungan (alam). Dia juga bersyukur, produk yang dibuat oleh sanggar saung barala mendapat respon dari masyarakat.

Sementara itu salah seorang pembeli, Mohamad Ishak, Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, mengaku, bangga bisa membeli barang unik hasil kreasi pengrajin sanggar saung barala.

“Kerajinannya bagus sekali,” pungkasnya. (Her/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!