Persediaan Beras Ciamis Tahun 2014 Belum Jelas

23/01/2014 0 Comments
Persediaan Beras Ciamis Tahun 2014 Belum Jelas

Foto: Ilustrasi/Istimewa Net

Ciamis, (harapanrakyat.com).-

Memasuki Bulan Januari tahun 2014 ini, ketersediaan beras di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat belum terdata. Akibatnya, Pemerintah belum bisa menyimpulkan apakah ketersediaan cadangan beras surplus atau tidak.

Kabid Ketersediaan, Kewaspadaan Pangan dan Gizi, Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4K dan KP) Kabupaten Ciamis, Ikeu Mustikayati, Ketika ditemui HR, di ruang kerjanya, Selasa (21/1/2014), mengatakan, pasca meleburnya badan Ketahanan Pangan menjadi bagian dari BP4K, ketersediaan beras Ciamis belum bisa jelas.

Ikeu menuturkan, sejak persiapan pemindahan BKP ke BP4K, pendataan ketersediaan pangan belum bisa diselesaikan, termasuk hasil panen petani di Ciamis bulan Desember 2013 lalu. Apalagi, kata dia, tahun 2014 ini data cadangan beras Ciamis sudah tidak termasuk dengan Pangandaran.

Ikeu mengaku, cadangan pangan di tingkat masyarakat secara swadaya sebenarnya sudah ada. Hanya saja belum bisa terdata dengan baik. Oleh karena itu perlu kerjasama dari pihak terkait, seperti instansi desa, kecamatan dan penyuluh pertanian dalam pembaruan data cadangan pangan di tingkat masyarakat.

Menurut Ikeu, pihaknya hanya memiliki data ketersediaan beras sampai pada bulan November 2013. Dimana ada 12 lecamatan yang punya cadangan beras untuk 3 bulan lebih, 23 kecamatan hanya untuk 1-3 bulan, sedangkan 1 kecamatan untuk persediaan 1 bulan.

Ieku menambahkan, ketersediasan beras di Ciamis, menurut data Bulan November 2013, mencapai 92.888 ton. Sedangkan kebutuhan beras hanya sampai 20.875 ton. Dengan kata lain, masih ada surplus 72.013 ton.

“Daat itu termasuk dengan Pangandaran. Jadi saat ini belum bisa terkoordinir data untuk Kabupaten Ciamis sendiri. Tetapi masih ada cadangan stok beras untuk 3 bulan di Ciamis terhitung bulan November 2013,” ungkapnya. (ry/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply