Program Polisi Pelajar Mulai Diaktifkan di Pangandaran

18/01/2014 0 Comments
Program Polisi Pelajar Mulai Diaktifkan di Pangandaran

Anggota Polisi Pelajar dari MAN Pangandaran tampak tengah mengatur arus lalu lintas di jalan raya Ciokong, tepatnya di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jumat(17/01/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah Polisi Pelajar dari siswa-siswi MAN Pangandaran ikut ambil bagian dalam mengatur lalu lintas di jalan raya Ciokong, tepatnya di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jumat(17/01/2014). Para pelajar yang memakai seragam layaknya anggota polisi lalu lintas ini diterjunkan di titik padat kendaraan guna membantu menertibkan lalu lintas di jalan tersebut.

Kepala MAN Pangandaran, Drs. Aris Mugiraharjo, M.Pdi, mengatakan, kegiatan ini merupakan program sekolah dalam mengembangkan organisasi Polisi Pelajar yang dibina langsung oleh Polsek Sidamulih.

“Program ini sudah berjalan sejak Desember 2013 lalu, yang memberikan pelatihannya adalah anggota Binmas Polres Ciamis,” ujar Aris.

Menurut Aris, menyusul volume kendaraan di jalur tersebut selalu padat oleh kendaraan, maka Polisi Pelajar di sekolahnya turut dilibatkan untuk membantu anggota kepolisian. Disamping itu, kegiatan itu pun bertujuan untuk membentuk karakter siswa agar taat dan mengetahui peraturan lalu lintas di jalan raya.

“Saat ini kami sudah mempunyai 15 siswa anggota Polisi Pelajar yang bergantian untuk melakukan pengaturan di jalan raya pada jam sebelum masuk sekolah dan sepulang sekolah. Kegiatan ini pun dilakukan setiap hari, kecuali hari Minggu,” ujar Aris.

Ditempat terpisah, Brigadir Hendra Kanit Binmas Polsek Sidamulih, mengatakan, kegiatan Polisi Pelajar ini merupakan program lama. Namun dengan semakin banyaknya kenakalan remaja yang sudah mengarah ke tindak pidana kriminal, maka program ini mulai diaktifkan kembali.

“Dengan adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan kepolisian, maka kami ikut membina organisasi ekstrakulikuler ini untuk memberi pembinaan terhadap siswa,” ujar Hendra.

Hendra menambahkan, dua anggata kepolisian diperbantukan untuk melakukan pembinaan dan pelatihan kepada Polisi Pelajar di MAN Pangandaran. Sementara untuk pendampingnya, melibatkan seluruh anggota polisi Polsek Sidamulih.

“Adapun materi yang diberikan kepada siswa, yakni tata cara pengaturan lalu lintas, keamanan sekolah, prilaku serta peraaturan baris berbaris (PBB),” ujar Hendra (ntang/R2/HR-Online)

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!