PSGC Berprestasi, Usaha Industri Kreatif Ciamis Bermunculan

08/01/2014 0 Comments
PSGC Berprestasi, Usaha Industri Kreatif Ciamis Bermunculan

Sejumlah produk industri kreatif asal Ciamis mulai bermunculan, seiring dengan lolosnya PSGC di Divisi Utama ISL. Photo : Dian Sholeh WP/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Industri kreatif di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai bermunculan. Apalagi, setelah ada momen lolosnya Persatuan Sepakbola Galuh Ciamis (PSGC) ke Divisi Utama Liga Indonesia mewakili Priangan Timur. Momentum ini juga ternyata membawa berkah tersendiri bagi pengusaha industri kreatif, yang bergelut di bidang percetakan kaos. 

Hal itu terlihat ketika HR menyambangi kawasan Stadion kebanggaan warga Ciamis. Di tempat itu, banyak sekali kaos bertemakan sepakbola Ciamis dijajakan oleh sejumlah pedagang kaos musiman.

Yayat (47), warga Ciamis, yang biasa berjualan di bilangan stadion, Senin (6/1), mengatakan, sebelum memutuskan untuk memanfaatkan momen PSGC masuk Divisi Utama, dia hanya berjualan minuman dan rokok di tempat tersebut.

Namun, setelah PSGC meraih gemilang, dan fans PSGC (Balad Galuh) mulai bermunculan, Yayat mengaku mencoba berinisiatif untuk menjual kaos dan atribut berbau PSGC. “Saya jualan kaos ini baru sekitar 2 bulanan. Kaos yang saya jual beda-beda. Ada yang bertuliskan nama pemain, I Love PSGC, dan ada juga yang bertuliskan Balad Galuh,” ujarnya.

Kepada HR, Yayat menyebutka, dalam sehari dia bisa menjual sedikitnya 15 sampai 20 potong kaos bertemakan PSGC. Kaos yang paling banyak terjual, merupakan kaos untuk ukuran anak-anak.

Harga kaos yang dibandrol Yayat kepada konsumennya pun bervariatif. Kaos untuk ukuran orang dewasa, dibandrol Rp 40 sampai 50 ribu. Sedangkan untuk kaos ukuran anak-anak, dibandrol Rp 30 sampai 40 ribu.

Dadang (50), pedagang kaos lainnya, mengatakan, dia mulai menjual kaos-kaos bertemakan PSGC, baru sekitar tiga bulan. Dia juga membenarkan, lolosnya PSGC di ajang persepakbolaan nasional membawa berkah tersendiri baginya.

“Antusias warga Ciamis yang ingin menggunakan kaos PSGC cukup tinggi,” terangnya.

Apalagi, bila Dadang menjajakan kaos tersebuut, bersamaan dengan ketika ada agenda pertandingan antara PSGC dengan klub ternama seperti Persib. Kaos yang bisa dijual cukup lumayan banyak. Dadang pun bisa mendapat penghasilan yang cukup lumayan untuk dibawa pulang ke rumah. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!