Sebagai Alat Kontrol, Presidium Pangandaran Segera Bentuk Yayasan

27/01/2014 2 Comments
Sebagai Alat Kontrol, Presidium Pangandaran Segera Bentuk Yayasan

Jajaran pengurus Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran, saat menggelar acara temu kangen, yang bertempat di rumah Ketua Presidium Pembentukan Kab. Pangandaran, H. Supratman, Sabtu (25/01/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran akan segera membentuk sebuah yayasan yang diberi nama Yayasan Presidium Bersatu. Yayasan itu dibentuk sebagai wadah untuk melanjutkan misi mensejahterkan masyarakat setelah sebelumnya Presidium berhasil memekarkan wilayah Pangandaran berpisah dari Kabupaten Ciamis.

Disamping itu, yayasan ini pun akan berperan sebagai alat kontrol sosial terhadap pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Pangandaran.

Hal itu terungkap, saat jajaran Presidium menggelar acara temu kangen, yang bertempat di rumah Ketua Presidium Pembentukan Kab. Pangandaran, H. Supratman, di Dusun Gembor, Desa Cikembulan, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (25/01/2014).

Sekretaris Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran, Andis Sose, menjelaskan, dibentuknya yayasan ini dimaksudkan untuk melanjutkan perjuangan dalam misi mensejahterakan masyarakat Kabupaten Pangandaran. “Misi itu sesuai dengan cita-cita awal saat kami berjuang memekarkan wilayah Pangandaran berpisah dari Kabupaten Ciamis, “ ujarnya, kepada HR, Sabtu (25/01/2014).

Menurut Andis, pendiri yayasan ini akan melibatkan 17 orang yang diwakili perwakilan tokoh di 10 kecamatan ditambah empat orang dari pengurus Presidium, yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekertaris, dan Bendahara. Selain itu, ditambah juga 3 orang dari tokoh presidium.

“Kita mengambil angka 17 untuk mengisi kepengurusan yayasan ini bukan tanpa makna. Angka 17 di sini sangat sakral, yang mengambil tanggal deklarasi pemekaran Kabupaten Pangandaran 17 Juli 2007 dan peristiwa bencana tsunami Pangandaran pada 17 Juli 2006,” terang Andis.

Ditempat yang sama, Ketua Presidium, H. Supratman, dalam sambutannya, mengatakan, munculnya isu yang beredar di masyarakat bahwa Presidium sudah bubar, itu tidak benar. Menurutnya, Presidium tidak akan berhenti untuk terus memajukan Pangandaran.

“Setelah kami menghantarkan Pangandaran menjadi daerah otonom baru (DOB), tidak lantas berdiam diri. Tapi, akan terus melaksanakan perjuangan untuk turut serta mensejahterakan masyarakat Pangandaran,” ungkapnya.

Menurut Supratman, saat ini pemerintahan di Pangandaran sudah berdiri, namun belum terbentuk DPRD. Tetapi, Pemkab Pangandaran sudah memiliki APBD. “ Jika DPRD belum terbentuk, lalu siapa yang akan mengawal pelaksanaan pembangunan?. Karenanya, dari alasan itulah kami akan menjadi alat kontrol agar pelaksanaan kinerja dan program pemerintah berjalan dengan baik,” terangnya.

Supratman menambahkan, mengawal jalannya roda pemerintahan transisi di Pangandaran agar berjalan dengan baik, merupakan tanggung jawab moral Presidium setelah memperjuangkan daerah ini menjadi daerah otonom baru.

“Karena pemerintah pusat akan mengawasi dan mengevalusi sejauhmana kemajuan Pangandaran setelah dimekarkan. Artinya, perlu ada pengawalan dari para tokoh agar pemerintahan di Pangandaran berjalan sesuai dengan cita-cita bersama,” ujarnya.

Supratman menegaskan, masyarakat akan menghujat Presidium apabila Pangandaran setelah dimekarkan, tetapi tidak berdampak terhadap kesejahteraan mereka. “ Makanya,  yayasan ini jika nanti berjalan harus mempunyai manfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Kecamatan Parigi, H. Kusnadi, berharap agar Presidium sampai kapanpun tidak dibubarkan. Dia pun setuju apabila Presidium melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui wadah yayasan.

“Mudah-mudahan Pemkab Pangandaran memberikan bantuan apabila yayasan ini melaksanakan kegiatan yang bersifat  pemberdayaan masyarakat,” harapnya. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

2 Comments

  1. Holis Marwan January 27, at 09:02

    dengan niat yang tulus, semoga harapan presidium melalui yayasan yang akan dibentuk bisa menjadi media untuk mencapai keinginan serta harapan rakyat yaitu menggapai Kemakmuran yang Merata

    Reply
  2. Holis Marwan January 27, at 09:06

    Mohon melibatkan unsur dari daerah dengan lebih banyak agar aspirasi akan lebih mudah tersalurkan, berikan kemudahan akses kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kepada yayasan, Maju Terus Yayasan Presidium Bersatu, rakyat menunggu perubahan

    Reply

Leave a Reply