SMK Taruna Bangsa, 70 % Lulusan Berhasil Diserap Dunia Kerja

18/01/2014 0 Comments
SMK Taruna Bangsa, 70 % Lulusan Berhasil Diserap Dunia Kerja

SMK Taruna Bangsa selalu memfasilitasi kreativitas dan inovasi para siswa untuk peningkatan kompetensi. Photo : Dicky Heryanto/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dari tahun ke tahun, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Bangsa, yang beralamat di di Jl. Raya Banjar kilometer 3, Ciamis, Jawa Barat, semakin membuktikan prestasi. Banyak lulusan SMK terfavorit di Ciamis ini yang sudah diserap oleh dunia kerja.

Semenjak berdiri tahun 2004, Ciamis, SMK Taruna Bangsa mempiliki empat program  keahlian. Diantaranya Teknik Otomotif, Teknik Komputer Jaringan, Keperawatan dan Furniture. Di tahun 2013, SMK Taruna Bangsa dipercaya oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis sebagai SMK yang berhak menerapkan Kurikulum 2013.

Pada tahun yang sama, jumlah lulusan SMK Taruna Bangsa yang diserap dunia kerja mencapai angka 70 persen. Angka lulusan yang cukup fantastis. Sedangkan, 20 persen diantaranya melanjutkan kuliah, sementara 10 persen lainnya masih dalam tahap pencarian kerja.

“Tujuh puluh  puluh  persen dari 174 siswa lulusan tahun 2013 sudah bekerja. Bahkan sebelum pengumuman UN, siswa sudah efektif bekerja. Artinya ada peningkatan dari tahun sebelumnya,” ungkap Kepala SMK Taruna Bangsa, Agus Gusanto, SPd, beberapa waktu lalu.

Agus juga menyebutkan sejumlah perusahaan yang sudah menyerap lulusan SMK Taruna Bangsa. Antara lain, PT. Astra Daihatsu Motor, PT. Tunas Mobilindo Perkasa, PT. Astra Honda Motor, PT. Toyota Motor, PT. Intisel, PT. Djarum, PT. Lonvin, BRI dan PT. Elegant. Termasuk lukusan program keahlian keperawatan, diserap RSU Swasta dan Klinik-klinik Kesehatan.

“Iklim dunia kerja dan dunia usaha, sejak awal kami terapkan di lingkungan sekolah. Sekolah juga inten menggelar kegiatan yang melibatkan banyak perusahaan Swasta dan BUMN. Dari tahun ke tahun, bazar dan pentas seni menitikberatkan pada aktualisasi kompetensi siswa dan kewirausahaan  siswa,” paparnya.

Ditemui terpisah, Ketua Yayasan Taruna Bangsa, Firman Yusuf, mengatakan, sekolah selalu dapat merespon program pemerintah dan sosial. Misalnya seperti Program Penyuluhan Anti Narkoba bersama Polres Ciamis dan BNN Ciamis, Program tahunan Safety Riding dengan Perusahaan Honda dan Program Pesantren Kilat dengan dukungan PT. Indosat.

“Kami selalu mengupayakan kebutuhan pemenuhan sarana prasarana belajar, kompetensi guru dan kegiatan siswa yang berbasiskan kurikulum pendidikan, serta bekerja sama dengan pihak pemerintah, BUMN dan swasta. Juga, kepekaan religi dan sosial siswa, agar setelah lulus para siswa bisa menerapkan ilmu yang didapatnya disini,” katanya.

Yusuf menuturkan, Yayasan selalu intensif melakukan komunikasi dengan komite serta orang tua siswa. Tujuannya agar semua pihak mempunyai suatu visi dan misi bersama dalam meningkatkan kompetnesi dan prestasi para siswa.

“Komunikasi dua arah ini untuk memantau perkembangan prestasi, prilaku siswa dan juga saran dan masukan dari orang tua siswa. Semua itu untuk kemajuan para siswa dan Sekolah ini,” pungkasnya. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply