SMKN 2 Ciamis, Raih Adiwiyata dan Pionir Sekolah Siaga Bencana

17/01/2014 0 Comments
SMKN 2 Ciamis, Raih Adiwiyata dan Pionir Sekolah Siaga Bencana

Ratusan Siswa SMKN 2 Ciamis saat mengikuti diberi pelatihan Tanggap Bencana oleh Tim Tagana Jawa Barat. Photo : Dicky Heryanto/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Di awal tahun 2014 ini, Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Ciamis meraih penghargaan Adiwiyata Nasional, dari Kementrian Lingkungan Hidup RI. Hal itu membuktikan bahwa sekolah yang beralamat di Jl. Sadananya No 21 Ciamis ini memiliki lingkungan yang sehat, bersih dan indah.

SMKN 2 Ciamis sudah berhasil menerapkan Sekolah Berbasis Lingkungan (SBL), serta memiliki bank sampah. Program keahlian yang ditonjolkan sekolah ini, diantaranya Teknik Konstruksi Beton, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Furniture, Teknik Permesinan, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Jaringan Komputer.

“Dari pengelolaan bank sampah, di tahun 2013, kami sudah menghasilkan uang sebesar Rp 10 juta lebih. Nasabahnya terdiri dari guru dan para siswa,” ungkap Koordinator Lingkungan SMKN 2 Ciamis, Gatot Purnomo, kepada HR, pekan lalu.

Selain Bank Sampah, kata Gatot, SMKN 2 Ciamis mempunyai inovasi, membuat kotak amal. Kotak amal ini untuk pengembangan sarana Ibadah. Infaqnya dari kalangan guru dan para siswa. Infaqnya dari hasil mengumpulkan sampah.

SMKN 2 Ciamis di penghujung tahun 2013 juga membuat sebuah gebrakan baru. Sekolan ini menjadi sekolah pertama di Kabupaten Ciamis yang melakukan pelatihan tanggap bencana.

“Acara pelatihan tanggap bencana ini hasil kerjasama kami dengan Dinsosnakertrans Ciamis, Tagana Ciamis, Tagana Jawa Barat dan BPBD Ciamis. ini akan kami lakukan secara rutin,” ungkap Koordinator Pelatihan Tanggap Bencana SMKN 2 Ciamis, Adi Dwipayana R.

Adi menuturkan, langkah tersebut sebagai bentuk upaya antisipasi menghadapi terjadinya bencana. Selain itu, juga untuk melatih kesiapsiagaan para siswa SMKN 2 Ciamis. Dalam pelatihan itu, para siswa diberi pembekalan seputar alat standar yang digunakan dalam tanggap bencana, seperti tenda darurat,  radio komunikasi, tenda dapur umum, pembentukan Tim SAR, Unit Reaksi Cepat, Chief Comander dan Manajemen Stock bantuan bencana.

Kepala SMKN 2 Ciamis, Drs. Asep Agus, mengatakan, sekolah yang sudah menerapkan ISO 9001 Tahun 2009 tersebut selalu melakukan langkah inovasi untuk peningkatan kompetensi siswa. Salahsatunya dengan penggemblengan mental dan wawasan Kebangsaan Oleh Personil TNI Zipur, sebelum para siswa melakukan Prakerin.

“Filosofi manajerial pendidikan kami adalah kerjakan apa yang ditulis, dan tulis apa yang dikerjakan. Tak heran daya serap lulusan yang diterima dunia kerja sangat tinggi, karena sistem kami mengadopsi dunia kerja, baik dari sisi kedisiplinan siswa dan kompetensi siswa, penerapan kurikulum, serta pemenuhan sarana dan prasarana,” pungkanya. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply