Tercatat Pengurus Parpol, Anggota PPS di Ciamis Dipersoalkan

04/01/2014 0 Comments
Tercatat Pengurus Parpol, Anggota PPS di Ciamis Dipersoalkan

Foto: Istimewa/Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Seorang anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) di salah satu desa di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, menyatakan mundur dari jabatannya. Hal itu setelah diketahui bahwa anggota PPS tersebut tercatat sebagai pengurus salah satu partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014.

Ketua KPUD Kabupaten Ciamis, Kikim Tarkim, S.Ag, M.Si, mengatakan, mundurnya anggota PPS tersebut setelah Panwaslu mendapat laporan dari masyarakat terkait adanya anggota PPS yang tercatat sebagai pengurus parpol tertentu.

“Setelah dicek, ternyata benar yang bersangkutan tercatat sebagai Sekretaris PAC salah satu parpol di Kecamatan Barebeg,” ujarnya, kepada HR, Jum’at (03/01/2014).

Setelah Panwaslu mendapat data tersebut, lanjut Kikim, kemudian merekomendasikan kepada KPUD Ciamis untuk ditindaklanjuti. “Kami sudah memanggil yang bersangkutan untuk dimintai keterangannnya. Dalam keterangannya, anggota PPS itu tidak mengakui bahwa dia sebagai anggota parpol, terlebih pengurus parpol,” ujarnya.

Sementara terkait nama anggota PPS tersebut tercatat dalam kepengurusan PAC salah satu parpol Kecamatan Baregbeg, lanjut Kikim, yang bersangkutan mengaku bahwa hal itu ditulis tanpa sepengetahuannya.

“Dia (anggota PPS) tercatat di kepengurusan parpol ibaratnya ditulis “tonggong” atau tanpa sepengetahuannya. Meski tercatat sebagai pengurus parpol, tapi dia tidak pernah melakukan sosialisasi atau beraktivitas dengan parpol tersebut,” terangnya.

Namun demikian, kata Kikim, meski anggota PPS tersebut mengaku tidak pernah masuk menjadi pengurus parpol, tetapi namanya terlanjur tercatat. “Akhirnya untuk kepentingan yang lebih besar, karena berdasarkan data yang bersangkutan sebagai pengurus parpol, kemudian anggota PPS itu mengundurkan diri atas inisitifnya pribadi,” terangnya.

Menurut Kikim, seseorang yang tercatat sebagai anggota penyelenggara Pemilu harus independent atau tidak terikat hubungan dengan parpol peserta Pemilu. (Ry/Red/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply