Terkait JKN, Dinkes Ciamis Diminta Segera Ambil Tindakan

12/01/2014 0 Comments
Terkait JKN, Dinkes Ciamis Diminta Segera Ambil Tindakan

Foto: Ilustrasi/Istimewa Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Anggota Komisi II DPRD Ciamis, yang juga anggota Badan Anggaran (Banggar), Iwan Moch. Ridwan, SPd,.MPd, Senin (6/1), meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis mengambil tindakan nyata terkait kepesertaan warga tidak mampu dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Seperti diketahui, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Ciamis telah mengalokasikan dana sebesar Rp 6 milyar untuk program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) pada tahun 2014 ini.

Pernyataan Iwan tersebut menanggapi sikap Dinkes Ciamis yang masih akan menunggu keputusan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, soal validasi data 12 ribu warga Ciamis yang nasibnya masih terkatung-katung dalam program Jamkesmas.

Sebab, bila data 12 ribuan warga yang karena alasan meninggal dan pindah alamat, tidak dimasukan kembali ke dalam program Jamkesmas, maka Pemkab Ciamis akan memasukan data tersebut ke dalam Program Jamkesda 2014. Dimana dengan program JKN, premi asuransinya akan ditanggung Pemkab Ciamis, melalui alokasi anggaran Rp 6 milyar tadi.

“Bahwa betul kebijakan strategis ada di Bupati Ciamis. tapi untuk soal validasi data, Dinkes sebagai pelaksana teknis harus berinisiatif. Karena ini menyangkut nasib kesehatan warga Ciamis yang notabene tidak mampu,” paparnya.

Iwan berharap, Dinkes Ciamis mengambil langkah cepat ke Kemenkes untuk menanyakan perihal validasi data tersebut. Termasuk untuk mengawal program JKN. “Bila ada yang sakit masuk Rumah Sakit, kemudian belum terdaftar  di JKN, tapi sudah terdaftar di Jamkesda mau gimana nasibnya,” ujarnya.

Iwan sendiri mengaku, Banggar belum melakukan rapat kembali soal pengalokasian dana itu.

Kalau dikonversikan ke dalam premi, teknisnya akan seperti bagaimana. Soalnya, Banggar belum tahu, juga belum mendengar tentang turunan dari UU NO 24 Tahun 2011, tentang BPJS.

“Bagaimana Permen, Juklak dan Juknisnya soal pengaturan dana Jamkesda untuk premi JKN,” pungkasnya. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply