Tolak Pabrik Semen, Warga Padaherang Kembali Turun ke Jalan

04/01/2014 0 Comments
Tolak Pabrik Semen, Warga Padaherang Kembali Turun ke Jalan

Foto: Ilustrasi/Net

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Ratusan warga Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kembali menggelar aksi demo. Aksi yang digelar malam hari dan melakukan pemblokiran jalan ini merupakan aksi lanjutan penolakan terhadap rencana penambangan bahan baku semen dan pendirian pabrik semen di Padaherang, Jum’at (03/01/2014) malam.

Dari pantauan HR, saat aksi pemblokiran jalan berlangsung, sempat membuat lumpuh jalur lintas selatan menuju arah Cilacap. Kericuhan terjadi ketika ratusan warga dari Desa Kedungwuluh, Kecamatan Padaherang ini, melakukan aksi blokir yang menghentikan paksa setiap kendaraan yang melintas.

Aksi blokir jalan akhirnya bisa dihentikan, setelah tokoh masyarakat setempat membubarkan massa. Namun, massa tidak berhenti beraksi, mereka kemudian memasang spanduk bertuliskan penolakan terhadap rencana pabrik semen yang dipasang di depan rumah, warung dan fasilitas publik di daerah tersebut.

Koordinator Aksi, Dadang, mengatakan, sebelum rencana pabrik semen dibatalkan oleh pemerintah, warga akan terus menggelar aksi demontrasi. Karena pendirian pabrik semen hanya akan merusak lingkungan dan sumber mata air yang dibutuhkan warga untuk mandi, cuci kakus dan air untuk lahan pertanian yang selama ini menghidupi mereka.

“Kalau pabrik semen tetap dipaksakan, jangan salahkan kami jika terus menggelar aksi demontrasi. Selain itu, warga pun sudah komitmen, apabila aktivitas proyek penambangan bahan baku semen ini sampai berlangsung, jangan salah kami apabila menghentikan paksa pekerjaan proyek penambangan tersebut,” tegasnya. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply