Universitas Pangandaran Akan Segera Berdiri

23/01/2014 0 Comments
Universitas Pangandaran Akan Segera Berdiri

Sejumlah petinggi YPP Universitas Pangandaran (Unipan), saat bersilaturahmi dengan Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi, di ruang kantor Bupati Pangandaran, di Parigi, Rabu (22/01/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Didirikan oleh sejumlah tokoh Jawa Barat, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bernama Universitas Pangandaran (Unipan) akan segera berdiri di Kabupaten Pangandaran. Bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Pangandaran (YPP), ijin berdiri PTS baru ini dalam waktu dekat akan segera dikeluarkan oleh Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti).

Hal itu terungkap, saat sejumlah petinggi YPP Unipan bersilaturahmi dengan Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi, di ruang kantor Bupati Pangandaran, di Parigi, Rabu (22/01/2014).

Dalam jajaran petinggi YPP Unipan, tampak sejumlah tokoh Jawa Barat yang juga sebagai dewan penasehat di yayasan tersebut, diantaranya mantan Gubernur Jabar, Dr. H. Danny Setiawan dan mantan pejabat Pemprov Jabar yang juga mantan Plt Bupati Bandung Barat, Tjatja Kuswara. Hadir juga Ketua YPP Unipan, Hadi Sudarmo S.IP, M.Si dan Sekretarisnya Rochman Haerullah S.IP M.Si.

Ketua YPP Unipan, Hadi Sudarmo S.IP, M.Si, mengatakan, visitasi ijin penyelenggaran program studi Unipan akan segera dikeluarkan oleh Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti). Dengan begitu, PTS baru dengan nama Universitas Pangandaran dalam waktu dekat akan berdiri di Kabupaten Pangandaran.

“Karenanya, sehubungan akan berdiri PTS baru di Pangandaran, kami dari jajaran YPP bersilaturahmi dengan Pj Bupati untuk meminta dukungan serta dorongan demi kelancaran pendirian Unipan ini,” ujar Hadi.

Hadi menambahkan, proses perijinan pendirian Unipan saat ini masih berjalan dan ditargetkan pada tahun 2014 ini sudah selesai. “Mudah-mudahan proses perijinannya cepat beres, agar angkatan pertama bisa dimulai dari tahun ini, “ harapnya.

Ditempat yang sama, Dewan Penasehat YPP Unipan, Dr. H. Danny Setiawan, menjelaskan, pertemuan tersebut hanya sebatas silaturahmi dengan Pj. Bupati Endjang Naffandy, menyusul dirinya sebagai dewan penasehat yayasan sekaligus ikut membidani terbentuknya PTS Unipan di Pangandaran.

“Kita datang ke sini untuk meminta dukungan dan dorongan kepada Pemkab Pangandaran sehubungan akan berdirinya PTS baru di Pangandaran. Kebetulan Pak Endjang ini teman lama saya, jadi sembari bersilaturahmi,” ujar Danny.

Menurut Danny, dirinya diajak oleh sejumlah praktisi pendidikan Jawa Barat untuk ikut membantu mendirikan dan mengembangkan perguruan tinggi di Kabupaten Pangandaran. “ Selama saya bisa dan mampu, kenapa tidak untuk ikut memberikan kontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Jawa Barat, khususnya di Pangandaran ini, “ ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati, Endjang Naffandi, mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung adanya pengembangan pendidikan perguruan tinggi di Kabupaten Pangandaran. “Antusias dan sambutan masyarakat Pangandaran juga bagus terhadap pendirian Unipan ini. Hal itu dibuktikan setelah YPP Unipan saat ini  sudah mampu menjaring 200 mahasiswa,” ujar Endjang.

Endjang menambahkan, pihaknya saat ini hanya bisa membantu yang bersifat dorongan dan dukungan semata. Sementara untuk hal anggaran, pihaknya belum bisa menjanjikan.”Kalau soal bantuan anggaran, kita perlu timbang-timbang dulu. Karena APBD Pangandaran untuk tahun pertama, fokus diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur, “ pungkasnya. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!