Warga Lakbok Ciamis Jalankan Program KRPL

02/01/2014 0 Comments
Warga Lakbok Ciamis Jalankan Program KRPL

Sayuran yang ditanam anggota Koptan Sumber Tani Jaya, hasil dari Program KRPL. Photo : Andri Hamara/HR

Lakbok, (harapanrakyat.com),-

Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Lakbok dan Kelompok Tani Sumber Tani Jaya, Desa Sidaharja, Lakbok, menghimbau petani dan warga, untuk memanfaatkan pekarangan rumah, menanam sayuran dan palawija, menggunakan plastik polybag.

Tanaman sayuran yang dianjurkan, diantaranya bayam, terong, salada, kangkung, cabe, bawang daun, tomat, seledri dan tanaman lainnya. Selain penanamannya mudah, tanaman tersebut  bisa dipanen cepat.

Ketua BP3K Kecamatan Lakbok, Endun Abdulah, SP, belum lama ini, mengatakan, pihaknya sedang berupaya mensosialisasikan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di wilayah Lakbok.

Dia berharap, kepada semua anggota Kelompok Tani Sumber Tani Jaya, agar terus mengembangkan pola pemanfaatan pekarangan atau halaman rumah. Menurut Endun, selain dapat menutupi kebutuhan harian rumah tangga, menanam tanaman dan sayuran di rumah, bisa memberikan tambahan penghasilan. Apalagi, penanaman sayuran yang dilakukan, tidak memerlukan banyak lahan.

Endun menjelaskan, KRPL merupakan program Pemerintah Provinsi tahun 2013. Dia meminta agar warga Lakbok menjalankan program bagus tersebut. Dengan begitu, pekarangan rumah yang selama ini dibiarkan, bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran.

Ketua Kelompok Tani Sumber Tani Jaya, Amat, mengaku, pihaknya sangat menyambut baik program KRPL. Menurut dia, program tersebut membantu anggotanya, mendapatkan penghasilan tambahan.

Apalagi, kata Amat, pola menanaman seperti ini tidak perlu lahan yang luas. Walaupun di lahan yang sempit, tetap bisa dikerjakan. (Andri/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply