100 Ormas di Ciamis Belum Lengkapi Persyaratan Administrasi

21/02/2014 0 Comments
100 Ormas di Ciamis Belum Lengkapi Persyaratan Administrasi

Foto: Ilustrasi/Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 100 Organisasi Masyarakat (Ormas) dari total 204 Ormas yang sudah terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Masyarakat (Kesbangpol) Kabupaten Ciamis, belum melengkapi persyaratan administratif.

Hal itu disampaikan Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Ciamis, Lili Romli S.H.,M.M, ketika ditemui HR, Senin (17/2/2014), di ruang kerjanya. Untuk itu, pihaknya tahun 2014 ini akan melakukan pendataan administratif sejumlah Ormas yang ada di Ciamis.

Lili menuturkan, kegiatan verifikasi dan pendataan administrasi Ormas merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan Kesbangpolinmas Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut untuk mengetahui Ormas mana saja yang masih aktif dan tidak.

Menurut Lili, kegiatan yang dilakukan Kesbangpolinmas tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 Tahun 2012, tentang Pedoman Organisasi Kemasyarakatan di Lingkungan Kementrian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

“Bisa saja organisasinya sudah terdaftar, tapi tidak aktif. Atau biasanya ketika sudah mengalami pergantian kepengurusan, organisasi itu belum kembali didaftarkan,” ujarnya.

Lili menyebutkan, saat ini jumlah organisasi yang terdaftar mencapi 204 Ormas. 104 diantaranya sudah memenuhi syarat dan tertib organisasi. Rinciannya, 39 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), untuk Organisasi Kemasyarakatan, 5 Ormas kesamaan fungsi, 12 kesamaan profesi, 42 kesaman kegiatan, dan 6 kesamaan agama. Sedangkan 100 Ormas lainnya belum melengkapi persyaratan.

Pihaknya berharap, Ormas yang belum melengkapi persyaratan, segera memenuhi kewajibannya sesuai dengan Permendagri. Itu semua, demi Ormas yang bersangkutan bisa tertib secara administrasi, dan tidak keluar dari amanat Undang-Undang Dasar serta Pancasila. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!