6 Gua di Selasari Pangandaran Dihiasi Ornamen Batu Stalagmit

01/02/2014 0 Comments
6 Gua di Selasari Pangandaran Dihiasi Ornamen Batu Stalagmit

Inilah batu stalagmit yang terdapat di salah satu gua, di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Dengan dihiasi batu-batu alami tersebut, membuat gua ini tampak eksotik. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

6 buah Gua yang ditemukan di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, tampaknya memiliki ciri khas tersendiri. Selain alamnya masih asri, di dalam gua tersebut pun dihiasi ornamen batu stalagmit dan stalagtit atau batu kapur yang mengkerucut membentuk hiasan alami.

Ketua Karang Taruna Desa Selasari, Nana Ruhyana, mengatakan, batu stalagmit yang terdapat di dalam gua tersebut masih alami dan sebelumnya belum pernah tereksploitasi tangan jail manusia. Sebab, lokasi gua tersebut terdapat di tengah hutan dan masih jarang dijamah manusia.

“Namun, setelah gua ini dikembangkan menjadi objek wisata, kami telah membuka akses jalan menuju ke kawasan gua tersebut. Jadi, wisatawan bisa dengan mudah menjangkau areal gua tersebut, “ ungkapnya, kepada HR, Kamis (30/01/2014).

Menurut Nana, 6 gua tersebut diberi nama gua reregan, gua panggung, gua peten, gua parat dan gua citalun. Dari 6 gua tersebut memiliki ciri khas masing masing, mulai dari yang terpendek sepanjang 50 meter hingga yang terpanjang sekitar 300 meter kedalamannya.

“Kami telah ‘menyulap‘ yang tadinya hutan belantara menjadi sebuah kawasan wisata alam yang eksotis dan bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi wisatawan yang berlibur ke sini, “ ujarnya.

Sementara itu, untuk menuju kawasan wisata enam gua yang berada di Desa Selasari ini, pengunjung hanya membutuhkan waktu 15  menit  dari pusat kota Parigi, baik menggunakan roda dua ataupun roda empat. Di kawasan wisata enam gua ini pun sudah disiapkan pemandu wisata yang semuanya penduduk asli Desa Selasari.

Nana mengatakan, ke 6 gua tersebut saat ini masih dalam penataan. Dia pun optimis kedepannya tempat wisata ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Pangandaran.

“Kawasan wisata gua ini masih alami dengan sentuhan alam pegunungan yang bisa memberikan nuansa yang berbeda dengan kawasan wisata lain. Artinya, wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran, kini tidak hanya menikmati wisata pantai saja, tetapi ada tambahan destinasi lainnya, yakni wisata alam, “ terangnya.

Dari pantauan HR di lokasi, meski kawasan wisata gua ini baru beberapa pekan dibuka, namun sudah ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan, wisatawan dari luar daerah pun, sengaja menginjakan kaki ke wisata alam gua tersebut.

Riki Restias (26), wisatawan asal Bandung mengaku dirinya mengetahui adanya objek wisata alam gua Selasari berawal dari informasi temannya. “Enam gua ini sangat fenomenal dan sangat alami keasliannya,” ujarnya. Riki pun berharap agar keaslian alam yang dimiliki gua ini agar tetap dirawat dan terus dijaga. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!