Agun ; PT di Ciamis Harus Bisa Tangkap Peluang UU ASN

26/02/2014 0 Comments
Agun ; PT di Ciamis Harus Bisa Tangkap Peluang UU ASN

Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip.M.Si

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua Tim Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip.M.Si mengaku prihatin terhadap kondisi bangsa Indonesia saat ini. Namun kondisi tersebut tidak bisa dijawab dengan hanya berpangku tangan.

Sosialisasi Empat Pilar yang kerap dia lakukan sebagai wakil rakyat, merupakan bentuk tanggungjawab dirinya untuk mengabdi kepada masyarakat. Tidak terkecuali, kehadiran dirinya di acara Talkshow Empat Pilar Goes To Campus, yang dihadiri ratusan mahasiswa di Auditorium Unigal, Senin (23/2/2014), yang juga disiarkan salah satu media TV Nasional.

Dalam Talkshow yang mengetengahkan tema UU Aparatur Sipil Negara (ASN), Agun menyebut, kampus lokal harus bisa memanfaatkan peluang dari pelaksanaan UU ASN. Dimana dalam UU tersebut terkandung semangat keterbukaan yang mengedepankan kompetensi dan dedikasi pegawai.

“Kampus seperti Unigal, harus bisa menangkap semangat keterbukaan dari UU ASN ini,” ungkapnya seusai acara kepada awak media.

Menurut Agun kondisi kepegawaian saat ini yang banyak menempatkan pegawai tidak sesuai dengan kompetensi keahlian, harus segera diakhiri. Dia menilai, penempatan pegawai seperti di Dinas Pertanian, Dinas Pertambangan dan Dinas Perdagangan, masih didominasi oleh pegawai berlatarbelakang keahlian pendidikan.

“Amanat UU ASN, harus dikedepankan kompetensi, jam terbang dan dedikasi. Karena nanti ada yang namanya komisi Seleksi,” paparnya.

Unigal yang mempunyai mahasiswa sekitar 8700 orang, imbuh Agun, sudah selayaknya mempersiapkan jumlah dan kualifikasi SDM yang handal, untuk mengisi jabatan strategis di Kabupaten Ciamis, bahkan dari Sabang sampai Merauke.

“Kalau tidak dipersiapkan oleh kampus lokal, maka akan ada migrasi pegawai yang akhirnya bisa menyebabkan Instabilitas di tingkat  birokrasi,” ujar Ketua Komisi II yang membidani lahirnya UU ASN ini.

Agun juga mengungkapkan, bahwa semangat keterbukaan itulah yang harus ditangkap oleh kampus lokal seperti Unigal. Pentingnya pemahaman Empat Pilar bukan hanya didominasi oleh kalangan Perguruan Tinggi Negeri saja.

“Empat tahun lalu, kami sudah mulai dari Universitas Syahkuala Aceh, Unsri Palembang, dan seluruh Universitas di Indonesia. Untuk Jawa Barat Unigal-lah yang pertama,” tandasnya.

Dia menghimbau, bila ada praktek-praktek KKN dalam perekutan pegawai ASN, masyarakat harus segera melapor ke Intansi yang berwenang, termasuk ke MPR sekalipun. “Laporkan saja, masyarakat jangan takut,” pungkasnya. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply