Akibat Banjir, Petani Ikan di Purwadadi Ciamis Rugi Ratusan Juta

04/02/2014 0 Comments
Akibat Banjir, Petani Ikan di Purwadadi Ciamis Rugi Ratusan Juta

Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf. Rudi Jan Pribadi, saat meninjau areal persawahan dan kolam milik warga yang terendam banjir, di Dusun Pasung RT 21/RW 03, Desa Sukamulya, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis,  Minggu (02/02/2014). Foto: Hermanto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Selain merendam 175 hektar areal persawahan milik warga, banjir yang melanda Kecamatan Purwadadi dan Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Minggu (02/02/2014) lalu, juga merendam ratusan kolam ikan. Akibatnya, para pemilik kolam mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Ending (52) pemilik kolam ikan, warga Dusun Pasung RT 21/RW 03, Desa Sukamulya, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, mengatakan, seluruh kolam ikan milik warga setempat yang siap untuk dipanen, ludes disapu banjir.

“Ikan yang berada di kolam siap untuk dipanen semuanya habis tersapu banjir,” keluhnya, kepada HR, Senin (03/02/2014).

Kepala Desa Sukamulya, Surahman, SIP, mengatakan, saat ini kemungkinan hujan akan turun kembali, dan dikhawatirkan banjir akan lebih meluas lagi.

“Saat ini potensi hujan turun kembali dengan intensitas tinggi kemungkinannya sangat besar. Jika nanti hujan lagi, dikhawatirkan air akan meluap kembali dan merendam pemukiman penduduk,”katanya, Senin (03/02/2014).

Surahman pun berharap pemerintah mengambil langkah dengan melakukan pengerukan di sungai irigasi yang beberapa hari kemarin meluap dan menyebabkan banjir. ” Banjir disebabkan karena terjadi pendangkalan di sepanjang aliran sungai irigasi tersebut. Jika intensitas hujan tinggi, kita khawatir sekali terjadi banjir yang lebih luas,” ujarnya.

Menurut Surahman, banjir di wilayahnya merendam areal persawahan dan kolam ikan di 2 dusun, yaitu Dusun Pasung dan Dusun Karanganyar. (Hermanto/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply