Akibat Cuaca Ekstrem, Nelayan Pangandaran ‘Ogah’ Melaut

10/02/2014 0 Comments
Akibat Cuaca Ekstrem, Nelayan Pangandaran ‘Ogah’ Melaut

Seorang nelayan tengah memperbaiki jaring penangkapan ikan yang sudah rusak. Meraka terpaksa berhenti melaut, karena cuaca ekstrem melanda daerah tersebut, Minggu (09/02/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Menyusul cuaca ekstrem melanda perairan selatan Jawa Barat, termasuk di perairan Pangandaran, membuat sejumlah nelayan di Kabupaten Pangandaran, ‘ogah’ pergi melaut. Cuaca di laut yang berubah-ubah, dikhawatirkan mengancam keselamatan jiwa mereka. Akibatnya, hasil tangkapan ikan nelayan menyusut, karena mereka hanya berani menangkap ikan di sekitar pantai.

Ade (35), nelayan yang juga warga Dusun Karangsari Blok D Pasar Wisata, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, mengatakan, dalam pekan ini nelayan setempat jarang yang berani pergi melaut, menyusul cuaca ekstrim yang melanda daerah tersebut.

“Cuaca di tengah laut sering berubah-ubah. Contohnya, dua hari kemarin, kami memutuskan untuk melaut, namun ketika berada di tengah, tiba-tiba datang angin kencang. Kami tidak berani melanjutkan, karena khawatir mengancam keselamatan. Akhirnya, kami putuskan untuk kembali lagi ke darat,” ujar Ade, Minggu (09/02/2014).

Menurut Ade, semenjak cuaca ekstrem melanda, dirinya tidak berani melaut jauh ke tengah. Kalau pun menangkap ikan, dia hanya menjaring di dekat pantai saja. “Walaupun hasil tangkapan ikan tidak seberapa, tapi bisa sedikit mengurangi beban hidup keluarga sehari-harinya,” kata Ade.

Ade menjelaskan, sebelum terjadi cuaca ekstrem, biasanya hasil tangkapan ikannya mencapai 25 kg per hari. Namun, karena tidak berani melaut hingga ke tengah, hasil tangkapannya saat ini menyusut drastis hanya mencapai  3-5 kg per hari.

“Semenjak terjadi cuaca ekstrem, tak sedikit nelayan di sini yang menganggur. Namun, ada juga nelayan yang menyiasati waktu nganggurnya dengan membetulkan jaring- jaring yang sudah rusak,” ujar Ade (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!