Angka Kunjungan ke Pangandaran Menurun 80 Persen

17/02/2014 0 Comments
Angka Kunjungan ke Pangandaran Menurun 80 Persen

Kawasan Objek Wisata Cagar Alam Pangandaran. Photo : Dok/ Net

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pasca dilanda abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud, Kediri Jawa Timur, jumlah angka kunjungan wisatawan ke kawasan objek wisata di Pangandaran, Jawa Barat mengalami penurunan.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Pangandaran, Yana Hendrayana, belum lama ini, mengatakan, Objek Wisata Cagar Alam minggu terakhir ini kurang mendapat kunjungan.

Yana menduga, abu vulkanik yang belum lama ini melanda Pangandaran itu menjadi penyebabnya. Dia juga menyebutkan, penurunan jumlah pengunjung pekan ini mencapai 80 persen bila dibandingkan hari-hari biasa.

Kepala UPTD Pariwisata wilayah Pangandaran, Dinas Pariwisata, Perindagkop dan UMKM Kabupaten Pangandaran, M. Munirul Hakim S.Sos, membenarkan, di Bulan Februari ini jumlah pengunjung mengalami penurunan.

“Pariwisata mah susah ditebak, yang jelas biasanya di Bulan Februari suka sepi,” ujarnya.

Namun begiti, Munirul, mengungkapkan, hujan abu vulkanik yang mengguyur Pangandaran, tidak merusak sarana dan prasarana yang ada di kawasan objek wisata. Hanya saja, abu vulkanik sebatas mengganggu arus lalulintas wisatawan yang ingin mengunjungi wilayah tersebut.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Drs. Suheryana, mengatakan, meski dilanda abu vulkanik, sejumlah obyek wisata di Pangandaran tetap dibuka untuk umum. Menurut dia, guyuran hujan abu vulkanik dari Gunung Kelud itu tidak terlalu signifikan mempengaruhi aktifitas di kawasan objek wisata Pangandaran. (Ntang/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply